Cara menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat wajah secara alami. Jerawat merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan yang terjadi pada wajah. Pemicu timbulnya jerawat bisa disebabkan oleh beragam faktor, diantaranya adalah tingkat hormon yang berlebihan seperti masa pubertas dan juga akibat stress. Namun faktor terbesar penyebab munculnya jerawat biasanya diakibatkan oleh kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan kulit wajah.

Bagi Anda yang pada saat ini merasa kesal karena jerawat pada wajah tak kunjung hilang, maka Majalah tips dan informasi akan memberikan beberapa tips menghilangkan jerawat secara alami. Pengobatan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan dari alam merupakan cara terbaik dalam mengobati jerawat karena disamping bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat, bahan-bahan yang bersifat alami juga lebih aman karena tanpa efek samping.

Nah, bahan-bahan alami apa sajakah yang bisa menjadi obat jerawat?. Berikut adalah beberapa bahan alami serta cara-cara yang bisa digunakan untuk pengobatan jerawat pada wajah yang terangkum dalam tips dan cara menghilangkan jerawat:

Menghilangkan jerawat dari dalam:

1. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan karena air putih memberikan manfaat menjaga kelembaban kulit dan juga pembersihan sistem sekresi tubuh (sistem pembuangan). Konsumsi banyak air putih akan membuat kotoran dalam tubuh penyebab jerawat larut dan terbuang keluar dari tubuh.

2. Makan makanan yang berserat

Selain membantu proses pencernaan, serat juga merupakan bahan utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap lemak berlebih yang bisa berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah. Jika saat ini Anda tengah memiliki masalah jerawat, maka sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

3. Menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi

Salah satu hal yang juga wajib untuk Anda jaga adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Kandungan lemak yang tinggi akan menyebabkan meningkatnya produksi minyak dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori pada wajah yang cocok bagi perkembangan bakteri Propionibacterium Acnes penyebab jerawat.

Menghilangkan jerawat dari luar:

1. Rajin membersihkan wajah

Biasakan diri untuk selalu membersihkan wajah secara rutin baik setelah bepergian, berkendara ataupun menjelang tidur. Dengan selalu membersihkan wajah, maka bakteri jahat yang bisa menimbulkan infeksi jerawat pada kulit wajah tak akan punya kesempatan untuk berkembang biak.

2. Madu

Bukan lagi rahasia umum jika madu merupakan salah satu bahan alami yang banyak mengandung khasiat bagi tubuh dan salah satunya adalah sebagai obat jerawat alami yang bisa Anda gunakan. Caranya adalah mengoleskan madu pada wajah dengan menggunakan seutas kapas. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Mentimun

Mentimun atau ketimun juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat. Untuk menggunakan mentimun sebagai obat yang mengatasi masalah jerawat caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengirisnya kemudian menempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih, wajah Anda pasti akan terasa jauh lebih segar dan bersih.

4. Kulit lemon atau kulit jeruk

Saat Anda mengkonsumsi jeruk, maka ada baiknya jika menyimpan kulitnya untuk dijadikan obat jerawat. Caranya adalah dengan menumbuk halus kulit lemon tersebut kemudian mencampurnya dengan sedikit air kemudian di oleskan secara merata ke bagian kulit wajah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bersihkan.

5. Masker putih telur

Putih telur juga mengandung khasiat yang baik bagi perawatan kulit wajah, terutama sebagai obat alami untuk jerawat. Untuk membuat masker putih telur caranya sangatlah mudah yaitu ambil sebutir telur, buang kuningnya dan ambil putihnya kemudian tuang dalam cangkir atau wadah kecil. Gunakan kuas make-up untuk meratakannya di wajah hingga sempurna dan membentuk masker. Biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas.

Demikianlah beberapa tips cantik alami untuk menghilangkan jerawat pada wajah yang bisa Anda coba. Lakukan proses diatas secara rutin dan teratur supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.