Wisata

4 Destinasi Wisata Sejarah di Jogja Yang Menarik

Jogja juga memiliki beberapa tempat wisata sejarah yang termasuk dalam saksi sejarah dalam memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia.

Berikut kami rekomendasikan beberapa wisata sejarah yang ada di paket liburan jogja :

1. Museum History Of Java

Museum ini terletak di kawasan Sewon daerah bantul. Bentuk dari museum tersebut terlihat unik dan menyerupai piramid putih.

Walaupun museum ini belum lama didirikan, namun koleksi yang dimilikinya juga cukup lengkap mulai dari patung sampai artefak pada masa lampau. Kedua benda sejarah tersebut berkaitan erat dengan sejarah dan budaya yang ada di pulau Jawa.

Di museum ini juga terdapat fasilitas Augmented Reality 3D, sehingga pengunjung bisa melihat dengan lebih dekat sambil mendengarkan cerita mengenai koleksi benda sejarah yang ada di museum ini.

Selain itu hal menarik lainnya yaitu pengunjung bisa melihat secara langsung berbagai hal yang terjadi di masa lalu dengan menggunakan teknologi kekinian.

2. Museum Sonobudoyo

Di museum ini kita bisa melihat koleksi sejarah dan kebudayaan Jawa di masa lalu. Setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta museum ini juga merupakan museum yang terlengkap ke dua.

Sonobudoyo berasal dari kata Sasono yang memiliki arti tempat dan budoyo yang artinya budaya, sehingga jika digabungkan akan menjadi tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda kebudayaan.

Disini kita bisa menentukan koleksi seperti batik, wayang kulit, wayang golek, topeng, keris, senjata tajam ,ukir-ukiran. Terdapat juga miniatur Rumah Joglo dan Candi Bentar yang berasal dari Bali. Ada juga bioskop mini yang bisa menjadi daya tarik pengunjung.

Selain digunakan untuk menyimpan koleksi budaya yang berasal dari Jawa, Bali, Lombok dan Madura di Museum ini seringkali menggelar pertunjukkan wayang yang dimulai dari pukul 20.00-22.00 WIB.

3. Keraton Yogyakarta

Dibalik megahnya keraton Yogyakarta tersimpan sejarah yang penuh makna. Sejarah bermula sekitar abad ke-16 saat terdapat kerajaan islam Mataram.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, akibat adanya intervensi dari Belanda saat itu yang menyebabkan kedaulatan Mataram menjadi terganggu. Akhirnya terjadi perjanjian Palihan Nagari atau Perjanjian Giyanti.

Mulai dibangun keraton Yogyakarta oleh Sri sultan Hamengku Buwono I pada tanggal 9 Oktober 1755.

Dan keraton tersebut sampai dengan saat ini masih dipakai sebagai tempat tinggal sultan. Dan yang menarik ada beberapa sudut keraton yang dijadikan sebagai tempat wisata budaya.

Di Dalam keraton tersebut juga tersimpan berbagai macam benda peninggalan jaman dahulu seperti keris, kereta kencana, tobak dan lain-lain.

Sehingga tak heran jika keraton Yogyakarta menjadi salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur sampai saat ini masih menjadi misteri dunia. Hal ini dikarenakan bangunan candi tersebut dengan tinggi 35 meter dibangun hanya dengan cara menumpuk batu. Batuan tersebut ditumpuk tanpa menggunakan perekat , namun masih kokoh sampai saat ini.

Candi Borobudur juga pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia. Di candi ini terdpaat relief yang mencapai 2.672 serta panjang 6 kilometer.

Relief tersebut bercerita tentang kisah perjalanan Budha dan nilai yang terkandung dalam ajaran tersebut. Namun ada juga relief yang menggambarkan tentang masyarakat Jawa pada saat itu.

Dan jika kamu ingin mengetahui cerita relief yang ada di Candi Borobudur, maka kamu harus berjalan searah jarum jam yang disebut dengan Pradaksina. Artinya adalah menghormati roh-roh yang suci.

Demikian informasi mengenai wisata sejarah di Jogja.