Uncategorized

Tiba Di Ibukota Kabupaten Siak, Lengkapi Dengan Mampir Ke Wisata Sejarah Berikut

 

Mengulik Kabupaten Siak, mungkin anda tidak asing dengan sejarah kerajaan yang pernah ada di tempat ini. Lazimnya, kerajaan Siak Sri Indrapura yang berada tak jauh dari ibukota Kabupaten Siak menyimpan banyak wisata sejarah yang bisa anda kunjungi. Penasaran? Yuk intip beberapa peninggalan wisata sejarah berikut.

Wisata Sejarah Peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura

  1. Istana Siak Sri Indrapura

Bangunan istana yang telah berdiri sejak tahun 1889 masih kokoh berdiri hingga saat ini. Tempat ini memiliki luas 32.000 m2 dengan bangunan istana mencapai 1000 m2. Istana Siak Sri Indrapura menghadirkan bangunan apik karena memiliki perpaduan arsitektur corak melayu, eropa dan arab. Anda bisa mengulik berbagai peninggalan sejarah di tempat ini.

  1. Masjid Raya Syahabudin

Selain itu, anda juga bisa mengunjungi Masjid Raya Syahabudin untuk menikmati cerita sejarah kental yang ada di dalamnya. Lazimnya, masjid ini sempat mengalami perpindahan pada masa kepemimpinan Sultan Syarif Kasim II pada tahun 1926. Tempat ini menghadirkan bangunan yang unik dengan ciri perpaduan melayu dan timur tengah.

  1. Kapal Kato

Anda juga bisa mengunjungi kapal kato milik Kerajaan Siak di pinggir sungai Siak. Kapal ini memiliki sejarah penting karena dahulu sering dimanfaatkan untuk menempuh perjalanan panjang ke daerah kekuasaan Kerajaan Siak. Kapal Kato terbuat dari besi menggunakan bahan bakar batu bara. Kapal ini memiliki berat hingga 15 ton.

Kata Siak memang sangat terkenal dengan keberadaan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang pernah memimpin kekuasaan di wilayah ini. Tak ayal jika tempat ini menyimpan berbagai wisata sejarah yang sangat kental. Tentunya, beberapa peninggalan di atas adalah wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengulik sejarah Kerajaan Siak.