Wisata

Tempat-Tempat wisata terkenal di Mojokerto

Mojokerto merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini sendiri terkenal dengan tempat wisata di Mojokerto yang sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata bersejarah hingga oleh-oleh khasnya.

Letak geografis Kabupaten Mojokerto

Kabupaten yang lokasinya berdekatan dengan Surabaya ini memiliki total luas wilayah 969.360 km. Atau sekitar 2, 09% dari luas Provinsi Jawa Timur secara keseluruhan. Batas-batas administratif dari Mojokerto  adalah, bagian utara berbeatasan dengan Kabupaten Gresik dan bagian selatan dengan Kota Batu Malang. Sedangkan di Bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan dan Sidoarjo, sedangkan bagian Barat berbatasan dengan Kabupaten Gresik dan Lamongan.

Tempat wisata di Mojokerto yang kental dengan alam

Berbicara tentang keindahan wisata alam memang tidak ada habisnya, termasuk juga dengan tempat-tempat wisata alam yang ada di Mojokerto. Meskipun tidak terlalu terkenal seperti Malang dan Surabaya, sebenarnya Mojokerto menyimpan keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. berikut beberapa destinasi wisata alam yang harus anda singgahi ketika berkunjung ke Kota Onde-Onde ini.

  • Gunung Penanggungan

Mojokerto merupakan daerah yang terletak di kaki Gunung Penanggungan, sehingga wisata alam pertama yang terkenal adalah Gunung Penanggungan. Bagi anda yang memiliki hobi hiking atau naik gunung, maka anda bisa mencoba melakukan pendakian di gunung ini. Gunung Penanggungan berada ketinggian 1.653 mdpl dengan track pendakian yang cukup mudah, sehingga anda tidak akan mudah lelah. Selain pemandangan gunung yang indah, saat pendakian anda juga akan menemukan banyak bangunan candi hingga peninggalan sejarah lainnya.

  • Ranu Manduro

Salah satu wisata alam di Mojokerto yang saat ini sedang hangat dibicarakan oleh banyak warganet adalah Ranu Manduro. Kawasan pegunungan ini terletak di Desa Ranu Manduro, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Randu Manduro sendiri merupakan area bekas pertambangan yang memiliki pemandangan latar belakang berupa Gunung Penanggungan. Pegunungan yang didominasi oleh warna hijau ini bahkan disebut-sebut menyerupai pemandangan pegunungan di Swizterland, Selandia Baru.

  • Air Terjun Canggu

Destinasi wisata alam selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Mojokerto adalah Air Terjun Canggu. Keindahan dari air terjun ini terletak pada dinding air yang berwarna hitam dan terbentuk secara alami. Pemandangan alam sekitar yang sangat indah, ditambah dengan suara gemericik air terjun yang deras membuat udara terasa sejuk. Aktivitas yang bisa dilakukan seperti bermain air ataupun berswafoto di area air terjun dengan landmark tebing-tebing tinggi.

  • Sumber Wuluh

Di Dusun Sidorejo, Desa wonosari, Kecamatan Ngoro, Mojokerto terdapat tempat wisata yang memadukan flora dan fauna, bernama Sumber wuluh. Wisata alam ini menyajikan pemandangan berupa pohon-pohon besar menjulang yang membuat sekeliling menjadi teduh. Ada juga kolam yang berisi ikan dengan bermacam-macam warna, danpengunjung dapat  member makan ikan tersebut. Hamparan lahan nan hijau yang dipadukan dengan semilir angin membuat tempat ini sangat sejuk.

  • Puncak Jengger

Puncak jengger merupakan wisata alam di Mojokerto yang terkenal hits dan sangat instagramable. Pemandangan yang masih alami berupa hamparan bukit yang luas nan hijau akan membuat siapa saja betah berlama-lama disini. Lokasi Puncak Jengger berada di Desa tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Jawa timur. Terdapat banyak spot-spot foto cantik yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen liburan.

  • Air Terjun Watu Ondo

Berbeda dengan air terjun lainnya, tempat wisata di Mojokerto ini merupakan air terjun kembar yang aliran airnya cukup deras. Meskipun aliran airnya sama-sama bertingkat, namun kedua air terjun ini memiliki karakter yang berbeda. Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 75 meter, sedangkan yang kedua ketinggiannya 40 meter. Air terjun ini terletak di  Desa Pecet, Kecamatan Pecet, mojokerto.

Tempat wisata sejarah di mojokerto

Bagi anda yang berkunjung ke Mojokerto dan menjadikannya sebagai tempat berwisata sekaligus tempat edukatif maka tidak usah khawatir. Selain memiliki memiliki panorama keindahan alam yang memukau, Mojokerto juga memiliki tempat wisata bersejarah yang bisa dijelajahi.  Mojokerto sendiri merupakan lokasi dimana kerajaan Majapahit dahulu berada dan berjaya. Selain bisa jalan-jalan, dengan mengunjungi wisata peninggalan sejarah ini anda juga akan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat.

  • Museum Trowulan

Merupakan museum peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang terletak di Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Museum ini didirikan tahun 1987 yang digunakan untuk menyimpan berbagai temuan arkeologi seperti artefak. Trowulan sendiri meruapakan salah satu lokasi penting bersejarah yang berkaitan dengan sejarah Kerajaan Majapahit. Tidak hanya menampilkan koleksi dari masa kerajaan Majapahit saja, melainkan juga dari era sejarah Kerajaan Kediri, Kahuripan dan Singasari.

  • Mahavihara Majapahit

Salah satu tempat wisata andalan masyarakat untuk menghabiskan liburan akhir pekan di Mojokerto adalah Patung Budha Tidur Maha Vihara Majapahit. Patung ini dibangun pada tahun 1989 oleh Bante Viriyanadi Mahathera di atas tanah seluas 20.000 meter. Selain dilapisi dengan cat emas, patung ini juga dihadapkan ke arah selatan yang dianggap sebagai kiblat umat Budha. Patung Budha Mahavihara tercata sebagai patung Budha tidur terbesar di Indonesia dengan panjang 22 metr, tinggi 4,5 meter dan lebar 6 meter.

  • Kolam Segaran

Disamping Museum Trowulan terdapat sebuah wisata kolam kuno yang dinamakan Kolam Segaran. Kolam segaran merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan menjadi kolam kuno terbesar yang ada di Indonesia. Sejak ditemukan sejak tahun 1926, kola mini telah dilakukan beberapa kali pemugaran hingga bantuknya seperti saat ini. Kolam Segaran memiliki panjang sekitar 375 M dengan lebar 175 M serta dibatasi dengan dinding batu bata merah.

  • Candi Brahu

Masih di sekitar Trowulan, terdapat sebuah candi yang memiliki fungsi pentingpada masa kejayaan Kerajaan Majapahit, yakni Candi Brahu. Tepatnya berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Candi Brahu merupakan wujud pandarmaan dari raja Brawijaya, mulai Brawijaya I hingga Brawijaya IV. Karena sudah dibangun sejak masa raja Brawijaya I, candi ini disebut sebagai candi tertua yang ada Trowulan.

  • Candi Wringin Lawang

Bangunan sejarah berupa candi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Candi Lawang atau Gapura Jatipasar. Berbeda dari bangunan candi pada umumnya yang memiliki banyak pahatan, disini anda hanya akan menemukan gapura tanpa ukiran. Dulu, pembangunan candi ini memang bertujuan sebagai pintu gerbang mamasuki Keraton Majapahit. beberapa informasi juga menyebutkan jika Candi Lawang merupakan gerbang menuju kediaman Patih Gajah Mada.

  • Museum Sanggar Gubug Wayang

Sesuai dengan namanya, museum ini adalah tempat penyimpanan ribuan koleksi wayang kulit yang ada di Indonesia. Bahkan disini anda dapat menemukan karakter wayang yang diambil dari tokoh-tokoh penting di dunia. Beberapa jenis koleksi wayang yang ada seperti, wayang kulit, wayang potehi, wayang golek dan masih banyak lagi. Sejumlah koleksi-koleksi anti juga dapat anda temukan disini, mulai dari gamelan hingga kuda lumping.

Mulai dari makanan hingga kerajinan, berikut oleh-oleh khas Mojokerto Jawa Timur

Berlibur ke Mojokerto tentu tak lengkap rasanya jika pulang tidak membawa buah tangan. Selain dapat dibagikan kepada sanak saudara di rumah, oleh-oleh juga menjadi tanda bahwa anda pernah megunjungi tempat tersebut. Disamping memiliki estetika destinasi wisata yang indah, tentunya Mojokerto juga memiliki oleh-oleh khas yang bisa dijadikan buah tangan. Berikut beberapa oleh-oleh khas Mojokerto mulai dari makanan hingga kerajinan tangan yang bisa dijadikan buah tangan.

  • Sinom

Salah satu minuman khas Mojokerto yang terbuat dari daun asam muda adalah Sinom. Dinamakan Sinom karena bahan pembuat minuman berwana kuning menyerupai kunyit ini dalam bahasa jawa disebut dengan sinom. Meskipun rasanya asam, namun sinom sangatlah nikmat baik diminum menggunakan air dingin maupu panas. Bagi anda yang ingin membelinya untuk oleh-oleh, juga tersedia kemasan botol yang praktis dibwa.

  • Onde-Onde

Onde-Onde merupakan makanan dari tepung ketan yang didalamnya diberi isian berupa kacang hijau. Setalah digoreng hingga matang, bagian luar makanan ini juga ditaburi wijen agar terlihat lebih menarik. Bentuk yang bundar serta rasanya yang enak dan empuk membuat Onde-Onde selalu menjadi makanan yang tidak boleh dilewatkan. Harganya pun juga sangat murah sekali, berkisar mulai Rp15.000 untuk per kemasan.

  • Kerupuk rambak

Kerupuk rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit hewan sapi atau kerbau dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Kerupuk Rambak memiliki tekstur yang sangat renyah dengan rasanya yang gurih. Jika anda ingin mencicipinya, singgahlah sebentar ke kawasan Daos Trowulan karena di tempat ini banyak pedagang yang menjajakannya.

  • Sate Bangel

Oleh-oleh khas Mojokerto selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Sate Kambing Bangel. Meskipun tampak sama dengan sate pada umumnya, namun sebenarnya sate ini memiliki perbedaan. Disini anda bisa menentukan sate dari bagian kambing apa yang ingin disajikan, misalanya seperti sate tanpa lemak, atau sate tanpa jeroan. Sate Bangel disajikan dengan campuran bumbu kacang , sambal serta irisan bawang merah yang membuat lidah tidak berhenti mengunyah.

  • Kerajinan pahat bartu

Bagi anda yang suka mengoleksi souvenir unik, maka Mojokerto adalah salah satu lokasi yang tepat untuk dituju. Di Kecamatan Trowulan Mojokerto terdapat pusat kerajinan yang terbuat dari batu pahat warisan Majapahit. Di tempat ini anda akan menemukan banyak pengrajin yang memahat banyak kerajinan seperti patung. Anda juga dapat meminta pahatan sesuai dengan keinginan lho, baik itu yang ukurannya besar maupun kecil.

  • Kerajinan sepatu kulit

Ketika berlibur ke Mojokerto tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khasnya berupa sepatu kulit. Kerajinan Pusat kerajinan yang terletak di Dusun Setoyo, Desa Bolongmojo, Kecamatan Puri, Mojokerto ini tidak kalah dengan produk luar negeri. Selain bisa mendapatkan souvenir yang berkualitas, anda juga dapat melihat proses pembuatannya secara langsung. Mulai dari pemotongan , pengeleman, penjahitan hingga pengecatan.

  • Kerajinan bambu

Mojokerto merupakan daerah yang terkenal dengan kerajinan tangan dari bahan dasar bambu. Ada banyak bentuk kerajinan yang bisa dibeli untuk souvenir, seperti hiasan dining, kap lampu, sendok dan masih banyak lagi. Harganya pun sangat bervariatif, tergantung dari ukuran, jenis serta tingkat kesulitan pembuatannya.