Wisata

Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jogja yang Menarik Dikunjungi

Siapa yang belum mengenal Jogja? Sampai saat ini Jogja merupakan salah satu daerah yang difavoritkan banyak orang untuk berwisata. Hal tersebut tidak lain karena adanya banyak wisata menarik yang tersedia sehingga banyak orang mengistimewakannya. Baik itu tempat wisata untuk orang dewasa hingga tempat wisata anak-anak yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Anak yang Direkomendasikan di Jogja

Seperti yang diketahui, Jogja meman menyimpan banyak sekali keunikan. Terdapat berbagai tempat wisatayang menarik terutama untuk anak-anak. Bagi Anda dan keluarga yang ingin berlibur maka sangat direkomendasikan untuk memilih wisata anak yang ada di Jogja. Apa saja tempat wisata tersebut? Di bawah ini diantaranya yang bisa Anda kunjungi:

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Anak-anak serta kebun binatang adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sangat penting bagi anak-anak untuk mengenal binatang secara langsung. Kebun Binatang Gembira Loka sendiri bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berwisata dengan si kecil. Jangan ragu untuk mengajak anak berwisata ke lokasi tersebut untuk melihat berbagai jenis hewan.

Kebun binatang ini sendiri merupakan lokasi yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Jogja. Pasalnya, terdapat banyak sekali jenis hewan bahkan hewan yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tentu saja hal tersebut akan semakin menambah pengetahuan anak. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata tersebut mulai pukul 07.30 sampai 17.30 WIB.

2. Taman Pelangi Jogja

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya adalah Taman Pelangi Jogja. Taman tersebut sangat cocok untuk dikunjungi di malam hari bersama keluarga. Daerahnya berada di Nganglik, Sleman Yogyakarta. Lantas apa yang dimaksud dengan taman pelangi tersebut? Apakah akan ada banyak pelangi buatan di tempat tersebut?

Perlu Anda ketahui bahwa Taman Pelangi Jogja adalah salah satu taman yang dibuat dan dihiasi oleh lapion berwarna-warni. Banyaknya lampion yang ada di tempat tersebut membuatnya menjadi lokasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tentu saja tempat tersebut akan jauh lebih menarik saat dikunjungi di malam hari.

3. Taman Pintar Jogja

Siapa yang belum mengenal Taman Pintar Jogja? Lokasi ini menjadi lokasi wajib untuk dikunjungi saat Anda dan keluarga berada di Jogja. Taman buatan tersebut terletak di sekitar Jl. Malioboro. Nantinya, setiap pengunjung akan disuguhkan dengan wahana wisata yang sangat menarik serta banyak juga edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak.

Tidak heran jika taman tersebut sangat cocok digunakan untuk bermain dan juga belajar. Daya tarik lain yang ditawarkan dari lokasi wisata ini adalah berdekatan dengan pasar serta Jl. Malioboro. Tentu saja sangat mudah untuk menuju ke lokasi tersebut. Anda bisa mengunjunginya bersama anak-anak saat berada di Jogja.

4. Museum Anak Kolong Tangga

Museum yang satu ini terletak di daerah Mantrijeron, Jogja. Meski memiliki nama museum, akan tetapi tempat tersebut berbeda jika dibandingkan dengan museum-museum pada umumnya. Hal tersebut tidak lain karena tempat ini dikhususkan untuk menyimpan permainan anak dari waktu ke waktu.

Tidak heran jika museum ini akan sangat cocok dikunjungi tidak hanya untuk anak-anak kecil saja. Akan tetapi juga orang dewasa untuk mengingat permainan masa kecil mereka. Musem ini sendiri sudah cukup lama didirikan. Terlebih museum tersebut sepertinya adalah salah satu museum permainan yang ada di Indonesia.

5. Museum Gunung Api Merapi

Tertarik untuk mengajarkan sejarah dan ilmu pengetahuan kepada anak? Jika iya, maka musem yang satu ini adalah pilihan yang paling tepat. Museum tersebut bisa Anda kunjungi bersama si kecil. Nantinya, di tempat tersebut Anda dan anak-anak dapat menonton film yang berhubungan dengan meletusnya gunung berapi.

Tentu saja saat mengunjungi tempat ini akan ada banyak sejarah dan ilmu pengetahuan yang bisa didapat. Terutama mengenai kegagahan gunung saat dahulunya masih aktif. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

6. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Musem yang satu ini juga tak kalah direkomendasikan untuk dikunjungi bersama di kecil. Museum ini sendiri lebih banyak dikenal dengan sebutan Museum Dirgantara. Sesuai dengan namanya di lokasi tersebut Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang alat transportasi yang jarang ditemui sehari-hari.

Nantinya Anda juga bisa melihat pesawat lebih dekat. Sangat cocok bagi si kecil yang memang memiliki ketertarikan dengan profesi pilot atau sejenisnya. Anda pun bisa membayangkan betapa menyenangkan ketika dapat menerbangkan pesawat tersebut.

7. Museum De Mata Trick Eye

Museum yang satu ini dapat dikunjungi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Musem tersebut adalah museum yang cocok bagi mereka yang senang mengambil gambar kemudian memasangnya. Terdapat gambar-gambar yang dibuat dengan ilusi optik sehingga sangat menarik untuk dilihat.

Tentu saja seni ilusi optik tersebut akan membuat sebuah gambar/foto menjadi lebih menarik. Terdapat pula konsep lain yang cukup banyak sehingga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat wisata keluarga.

8. Museum Wayang Kekayon

Sangat penting untuk mengajak anak mengenal budaya di negeri sendiri. Jogja memang menyimpan banyak tempat wisata yang populer dan menarik. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika hanya bersenang-senang saja tapi tidak mengenal budaya yang ada di lokasi tersebut.

Oleh karena itu, Museum Wayang Kekayon bisa jadi pilihan tepat untuk berlibur sambil memperkaya ilmu tentang budaya bersama si kecil. Di lokasi tersebut nantinya Anda akan lebih banyak belajar mengenai budaya Jawa. Tentu akan sangat menarik saat mengenal dan mempelajari budaya tersebut.

9. Lembah Rubuh

Lembah Rubuh merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Pasalnya, di tempat tersebut terdapat keindahan alam yang cukup memukau sehingga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Terlebih tempat tersebut sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Anda dan keluarga bisa bersantai pada bangunan dengan bentuk sangkar yang cukup besar di pinggiran sungai. Tempat wisata tersebut sangat cocok digunakan untuk bersantai dan beristirahat setelah seharian berkeliling di Jogja. Tentu akan terasa nyaman karena Anda akan menikmati suasana tenang dan pemandangan yang indah.

10. Galaxy Waterpark

Berwisata memang tidak lengkap rasanya jika belum bermain air. Anda bisa memilih Galaxy Waterpark sebagai solusinya. Nantinya, di tempat tersebut Anda aka disuguhkan dengan taman rekreasi air yang sangat luas dengan banyak wahana. Anda bisa mengunjungi lokasi tersebut di daerah Banguntapan, Bantul.

Beberapa wahana yang bisa dimainkan adalah kolam renang, kolam arus, dan berbagai taman bermain air yang sangat cocok untuk anak-anak. Terdapat juga fasilitas lain yang sangat memanjakan pengunjung seperti restoran.

11. Ice Cream World Jogja

Tempat wisata ini sangat wajib untuk dikunjungi bersama si kecil. Pasalnya, tempat tersebut terbilang cukup unik danberbeda dari yang lainnya. Tempat wisata ini adalah sebuah lokasi yang menyediakan benda-benda unik berbentuk makanan dan minuman dengan ukuran yang sangat besar. Tentu saja akan terasa menyenangkan saat bermain di tempat tersebut.

Tidak hanya itu saja, Anda dan keluarga juga bisa menikmati satu cup es krim yang lezat. Anda juga berkesempatan untuk berkeliling melihat berbagai benda seperti kursi akan tetapi didekorasi menyerupai es krim dan makanan lain. Tentu akan sangat menarik jika mengambil gambar di tempat tersebut dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bersama keluarga.

12. Teddy Bear World Jogja

Jika anak-anak Anda sangat menyukai boneka, tentu saja tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini. Nantinya Anda memiliki kesempatan untuk melihat boneka dengan ukuran yang sangat besar melebihi orang dewasa. Anda bahkan dapat memegang dan memeluknya secara langsung.

Tidak ada salahnya juga untuk mengambil gambar di lokasi tersebut sebagai kenang-kenangan. Tentu saja akan sangat menyenangkan mengingat ada banyak boneka yang bisa Anda lihat. Terlebih momen tersebut bisa jadi momen paling langka yang bisa dilakukan yakni memeluk boneka dengan ukuran yang sangat besar.

13. KidsFun ParcsYogyakarta

Tempat wisata yang satu ini menyediakan pemandangan yang sangat indah. Tentu saja Anda dan si kecil akan betah berwisata ke tempat tersebut. Tempat wisata ini sendiri merupakan tempat wisata yang sangat ramah untuk anak-anak. Nantinya, Anda dan si kecil dapat menikmati permainan yang memang dikhususkan untuk anak-anak. Dengan begitu, si kecil dapat bermain dan bersenang-senang dengan sangat aman.

Terdapat pula petugas dan penjaga yang akan mengawasi anak saat mereka bermain. Mereka juga akan diberikan arahan tersendiri sehingga tidak perlu khawatir saat mengunjungi tempat wisata tersebut.

14. Mbok Jajan Jogja

Berkunjung ke Jogja tentu akan kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Tidak perlu khawatir pasalnya Anda bisa berkunjung ke Mbok Jajan Jogja. Tempat wisata ini sendiri menyediakan berbagai makanan khas masa lalu yang sangat lezat. Di tempat tersebut juga menyediakan jajanan masa kecil sehingga tentu anak-anak akan menyukainya.

15. Grand Puri Waterpark

Taman wisata air juga bisa Anda temukan di Jogja. Salah satunya adalah Grand Puri Waterpark. Di tempat wisata tersebut Anda dan anak-anak bisa bermain di kolam renang ataupun taman bermain lain yang sudah disediakan. Terlebih tempat ini juga sudah menyediakan berbagai jenis wahana yang bisa dinikmati.

Anda dan keluarga tentu akan semakin betah bermain air di tempat wisata tersebut. Tentu saja sebagai wisata untuk anak dan keluarga tidak lepas dari adanya penjaga dan petugas yang akan mengawasi anak-anak Anda dan pengunjung yang sedang bermain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

16. Perpustakaan Grhatama Pustaka

Merupakan salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama si kecil. Nantinya, Anda tidak hanya dapat bersenang-senang di tempat wisata ini. Pasalnya, Anda dan si kecil bisa menikmati perpustakaan dengan konsep yang berbeda dari lainnya sehingga tidak akan mudah bosan saat berkunjung.

Tidak hanya itu saja, tempat wisata yang satu ini juga menyediakan bioskop 6D yang berada di lantai dasar. Dengan begitu, setiap pengunjung tidak akan mudah bosan saat berada di perpusatakaan tersebut.

Itulah beberapa tempat wisata di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama dengan si kecil. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata tersebut bersama anak-anak agar mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Jika perlu, Anda juga bisa membuat tempat bermain anak-anak sendiri di rumah. Caranya adalah dengan membelinya pada tempat yang jual playground anak. Dengan begitu, Anda dan anak-anak dapat bermain di rumah kapan saja dengan sepuasnya.