Wisata

Inilah Tempat Rekreasi di Sumbar yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Tiba

Ingin mengisi waktu libur dengan mengunjung tempat rekreasi ? Bingung menentukan tempat rekreasi yang ingin dikunjungi ? Maka tempat rekreasi yang ada di wilayah Sumatera Barat bisa menjadi jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. Ya, Provinsi Sumatera Barat menyimpan berbagai tempat rekreasi yang wajib dikunjungi saat libur telah tiba. Terlebih, berbagai tempat rekreasinya berhasil membuat Sumatera Barat menyabet penghargaan dari beberapa katogi sekaligus di ajang World Halal Tourism Award pada tahun 2016 lho. Tak heran jika tempat rekreasi yang ada selalu dikunjungi oleh para pelancong ketika musim liburan. Berikut ini, berita Sumbar akan menyajikan beberapa tempat rekreasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur di wilayah Sumatera Barat.

Tempat Rekreasi Kawasan Rumah Gadang di Kab. Solok Selatan Sumbar

 

Sumatera Barat memiliki berbagai tempat rekreasi bertema budaya maupun alam. Nah, bagi anda yang ingin berlibur ke tempat rekresiasi budaya maka Kawasan Rumah Gadang yang ada di Kabupaten Solok Selatan bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat rekreasi yang dijuluki dengan negeri 1000 rumah gadang ini berisi tentang rumah adat suku Minangkabau beserta berbagai kesenian tradisionalnya ya. Pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk bermalam di rumah adat masyarakat sekitar lho. Bahkan, pengunjung juga akan terhibur oleh berbagai taruan tradisional suku Minang seperti Tari Piring. Tentu saja rumah adat beserta kesenian tradisional dipertontonkan kepada pengunjung agar bisa mengenali adat istiadat yang dimiliki oleh suku Minang.

Terdapat setidaknya 174 rumah gadang yang ada di tempat rekreasi. Pengunjung akan dimanjakan dengan desain rumah adat yang khas dimana memiliki ujung atap yang runcing menjulang ke atas. Ya, atap yang berbentuk runcing dan menjulang ke atas tersebut disebut dengan gonjong yang merepresentasikan tanduk seekor kerbau sebagai lambang dari suku Minangkabau. Kawasan kompleks rumah gadang diselimuti oleh pemandangan taman dan jalan yang nampak hijau dan asri. Selain itu, pengungjung dapat menyusuri jalan kompleks rumah gadang sembari berselfie ria sekaligus menengok isi dari rumah adat tersebut.

Tempat Rekreasi Alam Lembah Harau di Kab. Lima Puluh Kota Sumbar

Sumatera Barat juga menyimpan berbagai tempat rekreasi alam yang mampu menyejukkan mata lho. Salah satu tempat rekreasi alam yang terkenal dengan keindahannya adalah Lembah Harau yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumbar. Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang sangat menyejukan mata layaknya menemukan harta karun yang tersembunyi di dasar lembah. Pasalnya, lembah dihuni oleh berbagai panorama alam yang membuat para pengunjung kagum dengan keindahannya seperti hamparan sawah yang berwarna hijau, air terjun yang menjulang tinggi, kolam renang alami, deretan perbukitan yang menyejukkan, rumah adat Gadang, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga akan disambut hangat oleh masyarakat sekitar yang sangat ramah dan bersahabat.

Lembah Harau pada dasarnya merupakan lembah yang diapit oleh deretan perbukitan yang menjulang tinggi ke atas. Pengunjung akan mendapatkan panorama alam yang langka dimana serasa diapit oleh deretan tebing tinggi bermaterialkan batuan granit dengan ketinggian yang berkisar antara 80 sampai 300 meter. Jangan heran jika para pengununjung akan mendapatkan beberapa medan yang menantang jika ingin mengunjungi lembah tersebut. Terlebih, tantangan medan yang harus dilalui oleh pengunjung jika ingin mendatangi puncak tebing lembah. Pastinya harus menaiki deretan perbukitan yang memanjang terlebih dahulu bukan ?.