Gaya Hidup

Senyawa yang Terkandung dalam Daun Kelor Beserta Manfaat dan Efek Negatifnya

 

Banyak yang mengatakan jika pohon kelor adalah pohon yang ajaib. Hal ini dikarenakan ada banyak manfaat yang didapatkan dari pohon kelor terutama pada bagian daunnya. Apa saja manfaat dari daun ini? Daun kelor masuk ke dalam kelompok sayuran yang tantu saja mengandung banyak nutrisi serta manfaat mulai dari vitamin, serat, mineral dan fitokimia. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daun kelor jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran yang lain.

Senyawa dalam Daun Kelor Beserta Manfaatnya

Daun kelor mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja tapi juga kecantikan kulit. Senyawa pertama yang terkandung dalam daun kelor adalah vitamin A dan vitamin C. Daun kelor memang dikenal sebagai daun yang kaya akan vitamin. Vitamin A  sendiri baik untuk kekebalan tubuh. Dan untuk vitamin c baik untuk kulit. Karena itu, tak jarang jika daun kelor sering dijadikan salah satu bahan pembuatan skincare alami. Vitamin A dalam daun kelor lebih tinggi 4 kali lipat dibandingkan pada wortel dan untuk vitamin C nya juga lebih tinggi dari jeruk bahkan hingga 7 kali. Kandungan yang ada dalam daun kelor ini dapat menangkal radikal bebas, stress oksidatif pun bisa dikurangi. Kemudian, daun kelor juga mengandung flavonoid dan fitosterol dimana senyawa ini kerap dijadikan sebagai obat. Daun kelor mengandung flavonoid yang bermanfaat dalam mencegah diabeteas. Sedangkan untuk senyawa fitosterolnya baik untuk antikolesterol.

Senyawa berikutnya adalah kalsium. Banyak yang tahunya kalsium hanya ada di susu saja. Padahal ternyata daun kelor juga mengandung kalsium. Kalsium sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang bahkan bisa menegah osteoporosis. Kalsium bermanfaat juga untuk mengaktifkan beberapa hormon dan eanzim yang akan mengatur pencernaan serta metabolisme lemak. Potasium dan kalium menjadi senyawa berikutnya yang dimiliki daun kelor. Dengan adanya kandungan ini membuat tekanan darah jadi lebih sehat. Sedangkan kalsium baik untuk menjaga tekanan darah normal serta potasium dalam daun kelor juga baik untuk menurunkan tekanan darah. Daun kelor mengandung eafek laktagogum yang manfaatnya adalah melancarkan produksi asi yang fungsinya sama seperti katuk. Jadi buat ibu-ibu menyusui disarankan untuk mengonsumi daun ini juga. Dan tidak kalah pentingnya, daun kelor kaya zat besi. Dengan adanya zat besi ini tentu akan menghasilkan darah serta memenuhi kebutuhan tersebut. Dan daun kelor juga baik untuk mencegah anemia yakni kandungan hemoglobin berkurang dalam darah. Jadi ada banyak sekali manfaat yang ada pada daun kelor jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Efek Negatif Daun Kelor

Meski daun kelor memiliki manfaat yang banyak, tapi sebaiknya berhati-hatilah dalam mengonsumsinya. Daun kelor memiliki kandungan alkaloid yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, artinya untuk Anda yang memiliki tekanan darah rendah disarankan untuk tidak mengonsumsinya. Kemudian, jika daun kelor dikonsumsi dalam jumlah banyak, ini juga akan berbahaya karena akan mengganggu irama jantung. Tanaman kelor dapat menurunkan kadar gula hanya saja, jika dikonsumsi terlalu berlebihan ini akan membuat kadar gula Anda jadi terlalu rendah. Jika menggunakan daun kelor untuk mengobati diabetes, Anda harus mengontrol gula darah Anda secara teratur. Dan lakukan pameriksaan supaya Anda terhindar dari penurunan kadar gula yang terlalu berlebihan. Jadi jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan jika tidak ingin merasakan efek negatif dari daun kelor ini.