Umum

Produk Yang Dihasilkan Dari Bulu Domba

Domba merupakan hewan ternak yang memiliki beberapa manfaat. Pada umumnya, produk utama dari peternakan domba adalah daging, bulu, dan tanduk. Daging berguna untuk memenuhi kebutuhan pangan terutama protein hewani. Hasil bulu domba memiliki manfaat sebagai bahan sAndang yang nanti beralih menjadi beberapa tipe kain. Untuk tanduk, fungsinya sebagai kerajinan.

Perlu Anda ketahui, bulu domba sebenarnya merupakan rambut tebal yang menutupi seluruh permukaan tubuh. Produk ini dipanen setelah jumlah rambut tersebut tampak padat. Selanjutnya, proses panen mirip dengan mencukur bulu secara langsung lalu dikumpulkan menjadi bahan mentah untuk industri kain dan pakaian. Beberapa produk yang berasal dari bulu domba dapat Anda simak dibagian berikut ini.

Daftar Produk Dengan Bahan Baku Bulu Domba

Kain Wol

Produk utama adalah kain wol. Ini merupakan kain hasil pemintalan rambut atau bulu domba berkualitas baik dengan serat yang halus. Bahan mentah tersebut harus mengalami pembersihan lalu masuk ke mesin pintal untuk membuat serta benang. Setelah itu, benang wol terbentuk dan siap digunakan sebagai bahan baku kain.

Kain Tenun

Selain kain wol, bulu domba dapat dibentuk mirip benang kapas yang halus. Benang tersebut menjadi bahan baku pembuatan kain tenun. Contohnya adalah kain katun yang sering dipakai untuk keperluan pakaian.

Produk Pakaian

Jika membahas mengenai produk bulu domba, hasil akhir adalah pakaian dengan berbagai bentuk dan tipe. Pada umumnya, pakaian dengan bahan wol lebih tebal sehingga sering diproduksi untuk kebutuhan musim dingin. Bagi mereka yang tinggal di negara tropis, kain wol yang dipakai sudah diperhalus sehingga lebih tipis dengan konfigurasi kuat mirip katun. Hasil tenun dan semacamnya juga dapat diubah ke beberapa bentuk pakaian.

Bed Cover dan Kasur

Produk akhir dari bulu domba adalah bed cover dan kasur atau matras. Anda mungkin jarang menemukan kasur yang memakai bulu ini sebagai bahan baku. Namun, produk tersebut telah tersedia di pasaran. Kasur seperti ini memiliki tekstur yang lembut dan mampu menahan tekanan. Selain itu, daya tahan lebih baik dari kapas alami dan buatan.

Kasur membutuhkan bed cover dan material yang dipakai adalah bulu domba. Jika Anda ingin merasakan bulu halus dan lembut dari domba yang masih alami, gunakan bed cover yang mirip wol. Komposisi seratnya juga kuat serta lumayan tebal. Keunggulan produk ini adalah mampu menjaga suhu hangat di bagian bawah dan mencegah udara masuk. Anda merasa lebih nyaman apalagi sedang di musim dingin.

Sertifikasi Produksi Bulu Domba

Para produsen yang berkecimpung di bisnis ini membutuhkan sertifikasi. Tujuannya adalah menjamin kualitas, kelayakan, dan keaslian. Perlu Anda ketahui, banyak sekali produk wol dan kain yang diklaim berasal bulu domba asli. Akan tetapi, kualitas dan daya tahannya justru rendah. Hal ini terjadi karena produk tersebut menggunakan material sintetik yang mirip kapas dan bulu domba. Bagi konsumen yang masih awam, cara mudah mengenali produk berkualitas dan asli adalah melalui sertifikasi.

Bagi produsen, keberadaan sertifikasi produk akan meningkatkan kredibilitas dan menjamin mutu. Mereka tidak akan ragu saat klaim bulu domba yang dipakai asli. Sertifikat menjadi bukti bahwa klaim tersebut adalah benar. Untuk memastikan proses seleksi dan tes uji produk berjalan lancar, produsen dapat memakai jasa pengurusan sertifikasi produk. Tugas mereka adalah mengerjakan aplikasi dan permohonan terkait sertifikasi hingga surat keputusan resmi diperoleh.