Umum

Persiapan Acara Perkawinan Yang Wajib Ada

Pernikahan merupakan momen penting dalam hidup. Ini adalah acara yang mengubah kehidupan dua mempelai dan keluarga. Agar tidak mengalami kendala, acara harus menggunakan persiapan yang tepat. Selain itu, mereka juga wajib membuat susunannya agar setiap pihak saling mengerti tugas masing-masing.

Daftar Susunan Acara Pernikahan

Pembukaan

Pembukaan merupakan bagian penting dari acara ini. Pihak keluarga menyerahkan semuanya kepada orang yang berpengalaman. Proses ini harus singkat dan tepat sasaran sehingga semua orang yang hadir tidak menunggu lama.

Khutbah Singkat

Selanjutnya, acara dilanjutkan beberapa wejangan terutama dari dua keluarga dan pemuka agama. Bagian ini dapat disesuaikan dengan adat dan budaya. Beberapa orang ingin membuat acara lebih singkat sehingga sering tidak menyertakan sesi tersebut.

Ijab Kabul

Acara inti dari pernikahan adalah ijab kabul bagi pasangan beragama islam. Membelai laki-laki menyatakan bersedia menerima tanggung jawab dan menjadi suami bagi mempelai perempuan. Pihak kua bertugas mengatur dan memandu acara tersebut agar sesuai dengan aturan.

Tanda Tangan Buku Nikah

Langkah terakhir adalah tAnda tangan buku nikah sebagai bukti telah menjadi pasangan suami istri yang sah. Anda cek lagi semua data sebelum memberikan tAnda tangan. Perlu diketahui bersama, acara pernikahan atau perkawinan dapat berlangsung di kantor kua.

Setiap budaya dan agama memiliki prosedur berbeda. Secara umum, tujuannya tetap sama yaitu mengikat dua insan agar sah menjadi pasangan keluarga baru. Prosesnya kadang ada yang cukup panjang apalagi yang masih menerapkan secara langsung adat setempat. Tidak ada yang salah dengan cara tersebut karena budaya justru memberikan pelajaran dari simbol serta setiap kegiatan memiliki makna tersendiri. Di momen yang tepat seperti pernikahan, keluarga ingin memanfaatkannya dengan tepat yaitu membuat kenangan spesial sehingga apapun diusahakan secara penuh.

Persiapan Acara Resepsi

Setelah pernikahan, acara selanjutnya adalah resepsi. Ini merupakan acara yang bertujuan untuk merayakan kehidupan baru. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

Waktu dan Tempat

Resepsi membutuhkan waktu dan tempat yang sesuai. Pada umumnya, acara ini dilaksanakan setelah prosesi nikah atau hari esok. Beberapa budaya membuat dua kali acara resepsi yaitu di tempat mempelai laki-laki dan perempuan secara bergantian. Tempat juga perlu dipersiapkan terutama mampu menampung tamu yang cukup.

Tema dan Dekorasi

Persiapan berikutnya adalah tema dan dekorasi. Banyak ide tersedia untuk diterapkan pada acara resepsi nikah. Selain itu, Anda juga butuh dekorasi dan hiasan yang sesuai. Salah satu komponen yang penting adalah bunga. Anda dapat memakai papan bandar lampung yang terdiri dari rangkaian bunga dengan susunan indah dan menarik. Dekorasi seperti ini berasal dari florist terpercaya dan berpengalaman.

Undangan dan Publikasi

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan undangan dan publikasi. Anda dan keluarga segera membuatnya sebelum hari h. Saat ini, kirim undangan lebih praktis terutama ke teman atau keluarga yang tinggal jauh. Tentu saja, kartu fisik wajib karena beberapa tamu lebih menghargainya.

Tamu

Tamu acara resepsi terdiri dari keluarga dekat, tetangga, teman, dan kolega. Anda bebas mengundang siapa saja sesuai kapasitas tempat. Yang terpenting adalah tamu diberi jamuan dan diperlakukan dengan baik.

Pengisi Acara

Pengisi acara juga wajib ada sebagai hiburan. Keluarga dan mempelai bebas memilih apa yang ingin ditampilkan. Acara tradisional sering muncul di resepsi nikah sebagai bentuk promosi. Satu hal yang penting adalah pengisi acara sesuai dengan tema.

Hidangan

Terakhir, Anda tidak boleh lupa dengan hidangan. Makanan dan minuman wajib ada di acara seperti ini. Siapkan makanan secukupnya dan pastikan memadai terutama bagi tamu yang telat hadir.