Otomotif

5 Faktor Utama yang Menjadi Penyebab Stang Motor Berat Sebelah

Perawatan motor perlu dilakukan dengan rutin. Hal tersebut penting karena gangguan pada motor dapat berakibat fatal bagi penggunanya. Salah satu komponen yang wajib diperiksa kondisinya adalah stang. Para pengguna roda dua kerap kali merasa stang yang digunakannya tidak seimbang. Lantas apa penyebab stang motor berat sebelah? Berikut informasinya.

Penyebab Stang Sepeda Terasa Tidak Seimbang

  1. Posisi Shockbreaker Tidak Presisi

Penyebab pertama yang dapat mengakibatkan stang motor terasa berat sebelah adalah posisi shockbreaker yang tidak presisi. Keadaan ini disebabkan oleh benturan keras saat motor pernah jatuh. Untuk mengatasinya, anda perlu melakukan pengaturan atau penyetingan ulang dari shockbreaker. Pengaturan ini berfungsi untuk memperbaiki posisi shockbreaker.

Sebagai informasi tambahan, shockbreaker merupakan komponen sepeda motor yang berguna untuk meredam terjadinya osilasi saat kendaraan berjalan di atas permukaan yang tidak rata. Komponen ini juga umum ditemukan di dalam mobil. Tanpanya, pengguna kendaraan tidak dapat duduk dengan nyaman jika medan yang dilaluinya bergelombang.

  1. Komstir yang Bermasalah

Komponen lain yang berhubungan dengan stang adalah komstir. Komponen ini memegang peran penting dalam pengendalian sepeda motor. Tidak heran jika masalah di bagian ini menjadi penyebab stang motor berat sebelah. Problem yang kerap dialami oleh komponen ini adalah sudah aus, kasar, oblak, dan sulit digerakkan.

Lantas apa yang menjadi penyebab komstir bermasalah? Kondisi ini muncul apabila komstir sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya menyebabkan stang berat sebelah, namun komstir yang sudah tidak layak dapat menyebabkan stang bergetar selama anda menggunakannya untuk berjalan.

  1. Penyetelan Stang Motor Yang Salah

Penyebab selanjutnya yang membuat stang motor terasa berat sebelah adalah penyetelannya yang salah. Kondisi penyetelah ini dapat membuat kondisi stang antara yang kanan dan kiri menjadi tidak seimbang. Kondisi ini sangat mengganggu sehingga membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, anda perlu membawanya ke tukang service.

Biasanya untuk menyeimbangkan stang tidak membutuhkan waktu lama. Namun itu semua tergantung kemampuan masing masing bengkel. Mereka pasti akan memperbaiki penyebab stang motor berat sebelah ini dengan baik. Setelah diperbaiki, jangan lupa untuk anda coba dulu sebelum membayarnya. Anda bisa memintanya untuk diperbaiki kembali  jika masih tidak nyaman.

  1. Pemakaian Motor yang Tidak Benar

Penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan stang motor terasa tidak nyaman adalah pemakaiannya yang asal asalan. Penggunaan yang salah ini contohnya adalah menggunakan sepeda motor matic untuk melalui jalan berbatu dan curam. Memang kendaraan itu bisa membawa anda sampai ke tempat tujuan, namun kerja yang dilaluinya cukup berat.

Bukan hanya stangnya yang terganggu, namun mesin kendaraannya juga bisa menjadi rusak. Perlu diingat bahwa cara penggunaan motor sangat berpengaruh pada keawetannya. Anda juga perlu memeriksakan motor secara rutin agar masalah masalah kecil dapat segera ditangani agar kondisinya tidak semakin buruk dan mengakibatkan pembengkakan biaya.

  1. Garpu Pada Segitiga Dudukan Stang Tidak Sejajar

Penyebab stang motor berat sebelah yang terakhir adalah ketidaksejajaran garpu pada segitiga dudukan stang. Dudukan segitiga ini merupakan bagian yang menghubungkan antara shockbreaker dengan stang. Untuk membuat stang menjadi seimbang, anda perlu mengatur dudukan tersebut sehingga posisi garpu kanan dan kiri menjadi seimbang.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab stang motor terasa berat sebelah. Meskipun bukan bagian dari mesin, namun stang memiliki peran yang sangat penting bagi kenyaman serta keamanan penggunanya. Untuk memperbaikinya anda perlu bantuan tukang service, namun anda juga bisa mencobanya jika pernah mengambil kursus mekanik motor.