Kesehatan

Posisi Tidur Untuk Mengurangi Nyeri Haid

Semua wanita usia produktif, mengalami siklus datang bulan rutin. Selama datang bulan sebaiknya jaga kondisi tubuh tetap sehat mengingat datang bulan seringkali alami berbagai tantangan. Misalnya terjadi nyeri.

Ketika terjadi nyeri haid, akan ganggu aktivitas sehari hari juga ketika tidur akan terasa tidak nyaman. Dikutip sejumlah sumber, sebanyak 30 persen perempuan alami susah tidur saat haid sedangkan 23 persen lainya susah tidur pulas beberapa hari menjelangnya.

Susah tidur saat haid bisa disebabkan adanya perubahan hormon di tubuh sehingga suhu meningkat. Membuat hormon rangsang tubuh untuk tidur jadi terganggu. Turunya suhu badan membuat tidur tak berkualitas. Ditambah nyeri haid juga makin menambah buruknya kualitas tidur.

Posisi Tidur Fetal untuk Kurangi Nyeri Haid

Berikut ini posisi tidur yang tepat untuk kurangi nyeri haid. Salah satunya dengan posisi tidur fetal  yakni memposisikan badan seperti janin atau fetus di kandungan, menyamping atau bisa juga menekuk kaki.. Tapi untuk hasil maksimal bisa memposisikan lutut sejajar dada. Tak cuma tekuk kaki mirip posisi memeluk guling.

Posisi tidur fetal bisa kurangi nyeri haid lantaran bisa melemaskan otot-otot disekitar perut dan bokong.  Hal ini karena ketika sedang haid otot otot ini jadi lebih menegang ketimbang biasanya. Ini menjadi penyebab haid jadi nyeri. Posisi tidur fetal juga tak ganggu tampon dan pembalut yang sedang dipakai. Bisa dibilang ini merupakan posisi tidur terbaik untuk atasi nyeri haid.

Posisi Tidur Lainya Atasi Nyeri Haid

Selain posisi fetal, adakah posisi tidur lainya untuk atasi nyeri haid seperti terlentang atau tengkurap? Sayangnya, kedua posisi tidur ini malah harus dihindari untuk atasi nyeri haid.

Posisi Tidur tengkurap, sebabkan tekanan otot perut dan rahim bakal meningkat. Ini akibatkan bukanya kedua otot ini melemas malah makin tegang, hadi pun terasa main nyeri. Begitu juga dengan posisi tidur telentang, ini sebaiknya dihindari. Sebab bisa tingkatkan tegangnya otot sekitar bokong. posisi tidur tengkurap maupun telentang, juga bisa tingkatkan aliran darah haid.  Membuat darah haid keluar makin deras.

Tips Tidur Lebih Nyenyak saat Alami Nyeri Haid

Anda mungkin perlu ikuti tips ini selain perhatikan posisi tidur agar tak nyeri haid. Berikut ini tipsnya :

Sebelum tidur mandi pakai air hangat : ini bisa merelaksasi otot tegang badan jug lebih rileks. Untuk menambah kenyamanan pakai tambahan bantal. Kompres di bawah perut pakai air hangat. usahakan suhu kamar agak lebih sejuk biar suhu tubuh meningkat. Cobalah untuk konsumsi obat pereda nyeri, misalnya obat acetaminophen. Ini banyak dijual diapotik.

Tapi kalau masih terasa nyeri saat haid dan ganggu tidur anda, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik dan rekomendasi obat penghilang nyeri haid terbaik. Jangan lupa konsumsi makanan makanan sehat saat haid agar kondisi tubuh tetap terjaga.