Wisata

Fakta Unik Masjid Trans Studio Bandung

Masjid Trans Studio Bandung terletak di Jalan Gatot Subroto, Bandung, Jawa Barat. Masjid ini berada di kawasan Trans Studio Bandung dan Trans Studio Mall. Masjid ini berdiri seluas 4.000 meter persegi dan berlantai 2. Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai masjid bernama lengkap “Masjid Agung Trans Studio Bandung” ini.

Fakta-fakta Mengenai Masjid Trans Studio Bandung

Lebih dari masjid yang pada umumnya dijumpai, di bawah ini ada 5 fakta mengenai Masjid Agung Trans Studio Bandung yang menarik untuk diketahui.

  1. Bergaya timur tengah

Atas permintaan Chairul Tanjung (CT), pemilik CT Corp, masjid ini dibangun dengan gaya Timur Tengah. CT langsung meminta kepada arsitek Masjid Trans Studio Bandung Agung Cahyadi untuk mempelajari Masjid Nabawi di Madinah.

Tak heran masjid ini memiliki banyak persamaan dengan masjid tersebut. Salah satunya semua pilar di masjid sama seperti Nabawi, termasuk ukiran penggalan ayat suci Alqur’an dan kaligrafi asma allah.

Bagian kepala pilar, relung tembok jendela, Mihrab, dan pintu utama juga dibuat sama. Ornamen jendelanya juga dibuat mirip dengan dominasi warna emas dengan colak belang hitam putih.

Masjid ini secara umum menggunakan warna cokelat, putih dan emas. Bagian terluarnya juga dilapisi oleh marmer dan granite.

  1. Kubah Emas

Salah satu dari lima kubah masjid ini dilapisi oleh emas murni dan kaca mozaik di lapisan terluarnya. Kubah-kubah lainnya dilapisi dengan warna perak. Kelima kubah ini menambah keindahan dan kemegahan Masjid Trans Studio Bandung.

  1. Dibangun Sejak Tahun 2013

Masjid ini mulai dibangun pada 15 Maret 2013 dengan waktu pembangunan kurang lebih 2 tahun. Pada 26 November 2014, masjid ini mulai difungsikan dan dipakai saat 4 waktu shoaat, antara lain Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Mulai April 2015, masjid dioperasikan untuk sholat 5 waktu. Akhirnya pada hari Jumat, 10 Juli 2015 diresmikan Chairul Tanjung dihadiri Gubernur Jawa Barat saat itu Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

  1. Terbuka Untuk Umum

Meski masjid ini dibangun sebagai fasilitas Trans Studio Bandung, masyarakat umum tetap boleh berkunjung dan menggunakannya. Masjid Trans Studio Bandung bisa menampung jamaah hingga 2.500 orang di lantai utama dan lantai duanya.

Ada juga Ballroom yang digunakan untuk acara-acara, seperti Walimah Ursy, rapat, dan lain-lain.

  1. Kajian oleh Tokoh Terkenal

Sejak dibangun, ada banyak tokoh agama Islam yang datang dan mengisi kajian di masjid ini. Ada Imam Besar Masjidil Harom Syekh Adil Alkalbani dan Muadzin, Aa Gym, Mamah Dedeh, Syekh Ali Jeber, dan Ustadz Wijayanto.

Ada juga tokoh-tokoh masyarakat yang datang, seperti Ridwan Kamil dan istri, Ahmad Heryawan dan istri, Indadari, Ummi Pipik Dia Irawati, serta Peggy Melati Sukma.

Fasilitas Trans Studio Mall dan Trans Studio Bandung

Masjid ini dibangun sebagai fasilitas ibadah Trans Studio Mall dan Trans Studio Bandung. Selain fasilitas ini, ada juga wahana permainan di Trans Studio Bandung. Sebagai indoor theme park terbesar di Indonesia, ada 20 wahana permainan di dalamnya yang terbagi dalam tiga zona.

Ada zona Studio Central, The Lost City, dan Magic Corner. Ada juga pertunjukkan The Magical Parade of Zoo Crew dan Special Effect Action Show yang bisa ditonton. Di tahun ini, ada juga spot foto instagrammable yang baru dibuka.

Trans Studio Bandung buka dari pukul 10.00 hingga pukul 17.00. Harga tiket masuk Trans Studio Bandung sebesar Rp180.000,00 di hari Selasa hingga Kamis dan Rp280.000,00 saat weekend. Tiket berlaku untuk anak berusia di atas 1 tahun dan orang dewasa.

Di bulan Februari 2021 ini, ada promo menarik menyambut awal tahun, imlek, dan valentine. Ada promo Love is in the Sky yang menawarkan tiket dan makanan/ minuman dengan harga khusus. Ada juga promo tiket buy 1 get 1 yang berlaku hingga 28 Februari nanti.

Anda bisa mengecek diskon dan katalog promo terbaru Trans Studio Bandung di laman resmi mereka www.transstudiobandung.com.