Uncategorized

Manfaat Pohon Kelor

Pohon Moringa atau Pohon Kelor dikenal dengan khasiat obatnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari daun kelor, perlu digunakan dengan benar. Berikut catatan tentang karakteristik dari pohon kelor yang bisa kamu ketahui secara ringkas.

Tentang Pohon Kelor

Pohon kelor oleifera (nama ilmiah: Moringa Oleifera) dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah di Indonesia, ini adalah tanaman herbal yang berasal dari India.

Semua bagian tanaman kelor seperti batang, daun, bunga, buah, biji atau bahkan akar mengandung trace element dan kandungan mineral yang berharga. Karenanya, tak hanya dikenal sebagai ramuan obat, tapi juga sebagai makanan.

Kandugan Gizi Pohon Kelor

Menurut perhitungan para ahli, 1kg pohon kelor dapat memberikan nutrisi yang cukup dalam sehari untuk satu keluarga yang terdiri dari 4 orang (termasuk orang tua dan 2 anak). Di antara bagian tumbuhan tersebut, daun kelor dianggap memiliki nilai gizi paling tinggi. Sebagai perbandingan, kelor memiliki vitamin C 7 kali lebih banyak daripada jeruk, 4 kali lebih banyak vitamin A daripada wortel, dan 4 kali lebih banyak kalsium daripada susu.

Secara khusus, daun dan buah segar dari pohon kelor mengandung banyak energi dan mampu menyediakan banyak serat, kalsium, magnesium, zat besi dan vitamin esensial seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dll.

Apa Manfaat pohon kelor?

Berdasarkan nilai gizi daun kelor, para ilmuwan hanya mempelajari dan mengemukakan banyak manfaat dari tanaman ini, khususnya:

1. Mencegah kanker

Daun kelor kaya akan seng, vitamin C, antioksidan dan banyak zat aktif lainnya yang memiliki kemampuan melawan beberapa karsinogen dan radikal bebas.

2. Memperbaiki metabolisme, memperkuat sistem kekebalan

Pada tahun 2012, Yu Yang dkk menunjukkan dalam sebuah penelitian bahwa aktivitas sel kekebalan dapat ditingkatkan dengan aktivitas antioksidan, seng dan vitamin C yang terdapat dalam daun kelor. Berkat itu, sistem kekebalan tubuh lebih baik dalam menjalankan perannya sebagai lapisan pelindung tubuh dari serbuan bakteri, virus, atau radikal bebas.

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penggunaan daun kelor secara teratur dan tepat dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor terbukti membantu menurunkan kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.