Uncategorized

Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi

Salah satu cara yang paling tepat dan ampuh untuk mengobati asam urat adalah menjaga pola makan. Dengan memilih dan memiliki pola makan yang baik, akan mampu meringankan dan mencegah kabuhnya kembali asam urat ini. Bagi yang belum mengetahui, asam urat merupakan sebuah penyakit dimana kondisi seseorang memiliki kadar asam urat yang dimiliki ini tidak dalam jumlah yang nomal alias melebihi batasan tersebut. Akibat dari kondisi ini adalah menimbulkan rasa panas, rasa nyeri dan juga bengkaknya persendian. Tentunya tidak ada yang mau mengalami kondisi seperti ini sehingga harus diatasi dengan pola makan yang baik dengan pilihan makanan yang baik pula. Sebelum membahas apa saja makanan yangd ianjurkan, Anda harus paham dulu mengenai penyebab dari asam urat ini sehingga lebih kenal dan bisa mencegah kambuhnya kembali.

Penyebab Asam Urat

Didalam tubuh akan menghasilkan banyak zat, salah satunya ada Purin. Tubuh akan mengurai purin ini dengan alami melalui asam urat yang kemudian akan dibuang ke tinja ataupun urine. Bagi para penderita asam urat, kadar dari asam urat ini memiliki jumlah yang melebihi normal dan meningkat. Apabila yang dihasilkan terlalu banyak ataupun kondisi tubuh penderita tidak bisa membuang kelebihan dari kadar asam urat ini akan membawa kerugian atau dampak yang merugikan. Bahkan bila menumpuk dan mengendap akan menyebabkan batu ginjal dan juga membentuk batu dalam saluran kemih. Para penderitanya diharapkan untuk menghindari beberapa makanan seperti berbagai daging merah, berbagai jenis jeroan, makanan laut, ikan dan juga beberapa jenis sayuran seperti kembang kol, jamur, bayam, kadang panjang dan juga kacang merah.

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

Dari penjelasan soal penyebab asam urat sebelumnya sudah diketahui ada banyak makanan yang harus dihindari untuk dikonsumi. Walaupun begitu tidak perlu khawati karena kebutuhan akan nutrisi harian bisa terpenuhi dengan tidak menimbulkan kambuhnya asam urat melalui makanan yang tepat. Tentunya bebragai makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat ini adlaah makanan yang rendah akan purin dan memiliki gizi yang baik untuk mengatasi asam urat. Berikut ini adalah berbagai makanan yang dianjurkan tersebut:

  1. Buah-Buahan: Untuk buah-buahan yang harus dikonsumsi ini adalah buah segar seperti melon, apel, dan juga jeruk.
  2. Sayuran: ada beberapa sayuran yang dianjurkan untuk penderita asam urat ini konsumsi. Berbagai sayuran ini seperti wortel, tomat, ubi jalar, brokoli, kentang, bayam dan juga jamur.
  3. Makanan yang Menjadi SUmber Karbohidrat Kompleks: contohnya seperti beras merah serta kentang.
  4. Keju, Susu dan juga yoghurt yang memiliki kandungan lemak rendah dengan tidak ada tambahan dari pemanis buatan.

Anda yang mau penjelasan lengkap soal berbagai makanan yang dianjurkan penderita asam urat untuk dikonsumsi silahkan simak di Baca Times. Di website tersebut  penjelasan lengkapnya sekaligus beragam informasi penting akan didapatkan. Nah, bila sudah mengetahui makanan yang dianjurkan Anda juga harus mengkonsumsi air putih dengan kadar yang cukup. Dengan mengkonsumsi air yang cukup ini akan bikin asam urat yang bisa dicegah kambuhnya. Setidaknya kondumsi minimal 2 liter per harinya. Anda yang ternyata tidak sembuh-sembuh kondisi asam urat yang diderita, padahal sudah mengkonsumsi berbagai makanan yang ada, maka dianjurkan untuk langsung datang ke dokter. Pastinya dokter akan memiliki pilihan terbaik untuk jenis makanan serta pengobatan yang pas agar kondisi asam urat ini bisa diatasi dengan cepat dan juga tepat.