Uncategorized

Macam-Macam Sterilisasi

Dewasa ini sudah bukan lagi menjadi hal yang asing saat virus Corona menyebar ke seantero jagad. Sebagai makhluk hidup yang berakal kita diberi pikiran untuk melindungi diri sebagai upaya pencegahan terpapar virus.

Upaya yang satu ini juga diracik dalam bentu sterilisasi alat-alat medis yang digunakan untuk mengecek kesehatan. Bagi Anda yang penasaran dengan ragam sterilisasi, berikut selengkapnya!

Sterilisasi Kimia

Ada beberapa macam sterilisasi. Salah satunya adalah sterilisasi Kimia. Seperti namanya, kita memanfaatkan bahan-bahan kimia untuk mensterilkan alat medis. Pada umumnya barang yang bisa direndam dibiarkan direndam dalam larutan kimia.

Sterilisasi Panas Uap

Sterilisasi berikutnya adalah sterilisasi panas Uap. Seperti yang sudah kita ketahui, metode sterilisasi alat medis dengan cara ini memanfaatkan panas Uap yang dihasilkan oleh didihan air bersuhu tinggi.

Sterilisasi Panas Kering

Sterilisasi lainnya yang bisa digunakan adalah sterilisasi panas kering. Metode yang satu ini juga hampir serupa dengan sterilisasi panas Uap hanya saja tidak basah. Maka tidak heran jika sering disebut sebagai sterilisasi panas kering.

Sterilisasi Sinar UV

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak, bukan? Sterilisasi yang satu ini mengususng metode sinar UV untuk menghilangkan sejumlah bakteri pada alat-alat medis. Caranya? Tinggal menyinari alat medis saja menggunakan sinar UV.