Uncategorized

Kenapa Ibu Menyusui Bau Badan

Kehamilan dan persalinan pada seorang perempuan akan meninggalkan banyak sekali perubahan pada tubuh dan gaya hidupnya. Salah satunya adalah perubahan bau badan saat ibu sedang menyusui. Lantas kenapa ibu menyusui bau badan? Terdapat banyak alasan kenapa ibu yang sedang menyusui bau badan. Hormon adalah salah satunya, ia berperan penting dalam perubahan bau badan saat ibu sedang menyusui terutama pada ketiak dan alat kelamin.

Lalu alasan lainnya mengenai ibu saat meyusui menjadi bau badan adalah produksi keringat selama paska melahrikan. Selama ibu meyusui, metabolisme akan terus meningkatkan suhu tubuh ibu sehingga ia memproduksi banyak sekali keringat. Berikut ini terdapat beberapa solusi yang mudah untuk mengatasi bau badan setelah kehamilan.

Pertama, rajin mandi. Mandi merupakan cara yang ampuh untuk meghilangkan bau badan. Jika ibu sibuk dengan bayi, jangan sampai ia melewatkan mandi. Serta hindari berpakaian ketat supaya terbebas dari keringat. Lalu adalah menggunakan air lemon untuk mandi.

Ketiga menggunakan cuka sari apel. Membilas tubuh ibu yang dalam masa menyusui akan membantunya untuk menyeimbangkan pH kulit. Hal ini bisa mengurangi bau badan ibu yang terus berlanjut pasca kehamilan. Kemudian perhatikan lagi pola makan ibu. Hindarilah memakan yang dapa menicu bau badan yang tidak sedap. Contohya seperti bawang putih, jinten, alkohol, kafein, sampai asupan daging yang terlalu berlebihan.