Uncategorized

Kebiasaan yang Membuat Mandul

Setiap pasangan suami-istri yang sudah menikah tentunya sangat mengharapkan segera memiliki keturunan. Namun meskipun begitu, tidak sedikit yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan dikarenakan masalah-masalah tertentu. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kemandulan atau masalah gangguan kesuburan. Adanya mandul ini juga disebabkan oleh banyak faktor yang memicunya. Yakni kebiasaan sehari-hari. Berikut ini beberapa kebiasaan yang membuat mandul.

Pertama adalah kebiasaan begadang dan kurang tidur. Beberapa studi penelitian yang dikutip dari verywellfamily.com menemukan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan tidur yang buruk dan menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur ini bisa memicu terjadinya kemandulan. Kebiasaan yang bisa membuat mandul kedua ialah terlalu banyak menkonsumsi kafein. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi lebih dari 300 mg atau setara dengan dua cangkir kopi drip sehari berdampak pada kemandulan dan dapat meningkatkan resiko keguguran.

Ketiga, ialah olahraga yang berlebih ternyata dapat menjadi sebuah kebiasaan yang membuat mandul. Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun jika terlalu banyak berolahraga, justru akan berdampak buruk pada tubuh. Keempat yakni mengkonsumsi alkohol. Minum terlalu banyak alkohol bagi perempuan akan menurunkan kadar hormon steroid yang akan mengakibatkan siklus menstruasi tidak normal. Selain itu bagi laki-laki, dalam memproduksi sperma juga terpengaruh bila terlalu banyak meminum minuman beralkohol.