Uncategorized

Jalur Pendakian Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan sebuah gunung yang berada di Jawa Timur, tepatnya berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung yang memiliki ketinggian 2.799 mdpl ini merupakan sebuah gunung berapi yang pada puncak nya terdapat kawah yang bernama Kawah Ijen dan terdapat Blue Fire atau Api berwarna Biru yang muncul sesekali pada kawah tersebut, biasanya muncul pada saat tengah malam sampai dini hari. Keindahan alam yang unik tersebut pun menarik para wisatawan yang rela mendaki berjam-jam untuk menuju ke puncak Gunung Ijen. Untuk menuju ke puncak Gunung Ijen tersebut, terdapat dua rute yang bisa dilewati, yaitu melalui Bondowoso dan Banyuwangi

 

Jalur Pendakian Gunung Ijen Melalui Banyuwangi

Bagi anda yang akan melakukan pendakian Gunung Ijen melalui Banyuwangi, pertama-tama anda menuju ke basecamp pendakian via Banyuwangi yang berlokasi di daerah Licin, Kabupaten Banyuwangi. Kemudian dari daerah Licin ini anda harus menuju ke Paltuding yang berjarak 18 km, anda bisa menggunakan motor atau mobil jeep untuk sampai kesana, dan memakan waktu satu jam. Setelah sampai di Paltuding, selanjutnya anda berjalan melalui jalur track menuju kawah ijen yang berjarak sekitar 3,8 km.

 

Jalur Pendakian Gunung Ijen Melalui Bondowoso

Untuk rute Gunung Ijen melalui Bondowoso, pertama-tama anda berangkat dari Kabupaten Bondowoso, tepatnya daerah Wonosari menuju daerah Sempol. Kemudian dari Sempol dilanjutkan menuju Paltuding. Untuk menuju kawah ijen melalui Bondowoso ini tidak sesulit rute dari Banyuwangi karena jalan nya cukup mulus. Setelah itu anda melewati daerah perkebunan kopi dan hutan pinus yang menyegarkan mata, hingga akhirnya sampai di Puncak Gunung Ijen.

 

Itulah merupakan jalur pendakian Gunung Ijen yang dapat anda tempuh melalui Banyuwangi dan Bondowoso. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang akan mendaki Gunung Ijen dalam waktu dekat.