Uncategorized

Intip 3 Fakta Unik Bika Ambon Sebagai Salah Satu Kuliner Khas Medan Andalan Pelancong

Soal kenikmatan bika ambon yang merupakan kuliner khas Medan, memang tidak bisa dipungkiri lagi kelezatannya. Namun tahukah anda bahwa ternyata bika ambon menyimpan fakta menarik dibalik kelezatannya? Jika penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

Fakta Dibalik Nikmatnya Kue Bika Ambon

  1. Proses Pembuatannya Memakan Waktu Kisaran 12 Jam

Untuk membuat kue bika ambon ini ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Apabila dibandingkan dengan kebanyakan proses pembuatan kue tradisional lainnya, pembuatan bika ambon terbilang cukup rumit dan bisa memakan waktu kisaran 12 jam.

Mengapa? Karena proses yang dilalui harus melewati beberapa tahapan. Mulai dari proses pencampuran adonan, proses pendiaman adonan selama berjam jam, hingga proses pemanggannya hingga bisa dinikmati. Cukup panjang bukan?

  1. Bahan Baku Sangat Sederhana

Meskipun melalui proses pembuatan yang panjang, namun ternyata bahan baku pembuatan bika ambon terbilang sederhana dan mudah didapatkan. Diantaranya yaitu tepung sagu, tepung terigu, air kelapa, telur, gula, santan, ekstrak perasa dan juga vanili.

  1. Hanya Awet Selama 3 Hingga 4 Hari

Jika berniat menjadikan bika ambon sebagai oleh oleh, patut diketahui bahwa kuliner dari Medan ini hanya awet selama 3 hingga 4 hari saja karena tidak menggunakan bahan pengawet. Karena jika ada kandungan pengawet, tekstur kue tidak akan lembut dan justru mengeras.

Demikian beberapa fakta dibalik kenikmatan kue bika ambon yang merupakan salah satu kuliner khas dari kota Medan. Mulai dari proses pembuatan, bahan baku, hingga daya tahan bika ambon yang patut diketahui sebelum anda menjadikannya sebagai oleh oleh.