Home Decor

Halaman Rumah Minimalis

Halaman rumah dengan adanya taman kecil dengan desain yang sederhana sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Selain untuk mempercantik tampilan rumah, merawat tanaman yang ada di halaman rumah juga sebagai alternatif menghilangkan jenuh. Namun terkadang keterbatasan kemampuan, waktu, terutama lahan karena rumah berkonsep small house plans, seringkali menghambat keinginan ini. Sehingga banyak orang yang lebih mempercayakannya pada tukang kebun untuk mengurusnya.

Manfaat Halaman Rumah

Bila mengutip dari fine gardening, halaman rumah minimalis memberikan kesan pertama bagi siapapun yang melihatnya. Tampilan depan rumah merupakan hal pertama yang disoroti orang untuk menggambarkan suasana rumah yang dilihatnya. Sehingga banyak orang yang menyulap dan memanfaatkan halamannya untuk membuat taman atau kebun kecil.

Halaman mempunyai beragam manfaat, seperti menambah nilai estetika rumah, dengan menjadikan lahan hijau dan sebagai lahan terbuka serbaguna. Lansekap rumah yang baik bisa menambah nilai estetika rumah juga. Memanfaatkan halaman untuk menanam tumbuhan dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan menghilangkan penat dalam benak kita supaya tidak jenuh.

Ide Halaman Rumah Minimalis

Setiap dari kita pasti mendambakan halaman rumah yang apik dan menarik. Halaman rumah minimalis yang didesain dengan baik akan meningkatkan nilai estetika dan fungsi rumah dengan drastis. Penataan halaman terkadang terpusat pada kombinasi batas material padat dan tanaman. Komponen ini harus diletakkan sesuai bentuk rumah dan lahan. Berikut ini beberapa ide yang mungkin bisa anda jadikan referensi dalam menata halaman rumah. Pertama vertical garden. Gaya vertical garden ini bisa menjadi siasat bagi rumah yang berkonsep small house plans.

Anda bisa mengkombinasikan dengan tanaman-tanaman pot, rambat, serta hiasan-hiasan yang mendukung supaya halaman terlihat cantik. Kedua halaman rumah dengan nuansa ala vintage. Dengan meletakkan furniture atau perabot lama, anda bisa menampilkan kesan vintage pada halaman rumah. Tembok serta jendela yang dibiarkan memudar terkesan menambah suasana rustic.

Konsep ala vintage ini memberikan kesan rumah yang asri dan bernostalga dengan masa kecil anda. Kemudian taman minimalis di balkon. Balkon bisa menjadi tempat anda santai dan bisa anda sulap menjadi taman. Caranya dengan menaanya menjadi hijau dengan tanaman. anda bisa meletakkan pot tanaman untuk mengatasi minimnya tanah di dalam balkon. Bila memungkinkan bisa menambahkannya dengan meja dan kursi sebagai tempat duduk untuk me time atau quality time bersama teman dan keluarga.

Halaman rumah minimalis modern. Halaman model ini cenderung tidak membutuhkan banyak ornament dan perabotan. Warna yang biasanya ditampilkan pada halaman merupakan gradasi warna yang netral. Garis yang terlihat jelas akan terkesan simpel dan selaras. Kelima halaman rumah minimalis terasiring. Halaman rumah yang minimalis dapat diatur dengan model terasiring. Anda bisa mengisi pada tiap tingkatan taman dengan tanaman tertentu menurut kelompoknya masing-masing.

Selain rumah terlihat lebih artistic, desain ini juga membuat taman lebih terlihat asri dan tanaman dapat tumbuh dengan subur. Keenam halaman dengan pagar yang minimalis. Rumah dengan menggunakan pagar minimalis mempunyai batas-batasan yang jelas sehingga anda dapat mengatur paving. Jangan lupa berikan sentuhan tanaman yang ada dibagian yang sudah dibagi oleh pembatas. Terakhir ialah halaman dengan memanfaatkan bata ekspos merah. Menggunakan bata ekspos merah dapat memberikan kesan yang natural pada halaman rumah. Anda bisa menyusun bata ini di dinding maupun di permukaan tanah tanpa diplester supaya kesan naturalnya semakin nyata.