Islam

Contoh Birrul Walidain

Birrul walidain atau yang disebut dengan berbakti kepada orang tua merupakan ajaran yang terkandung di dalam agama Islam. Birrul walidain merupakan ajaran yang menunjukkan betapa mulianya orang tua dihadapan Allah SWT. Birrul walidain memiliki konsep pengertian yang luas yakni berbuat baik kepada orang tua, menunaikan hak dan kewajiban orang tua, mentaati nasehat orang tua, melakukan segala hal yang membuat mereka senang serta menjauhi segala hal yang menyakiti hati mereka. Sudahkah kamu mendengarkan khutbah tentang birrul walidain?

Tahukah Kamu, tentang perintah berbakti kepada orang tua yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur’an. Hal ini terkandung dalm surst Al-Luqman ayat 14-15 yang artinya :

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepadaKulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

Pada ayat diatas, menjelaskan tentang seorang muslim wajib berbakti kepada orang tuanya selama itu tidak bertentangan dengan ajaran agama.

Dibawah ini akan diulas tentang keutamaan birrul walidain atau berbakti kepada orang tua. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Keutamaan Birrul Walidain

Pixabay.com
  • Berbakti kepada orang tua lebih utama daripada jihad (berjuang di jalan Allah SWT)
  • Dengan berbakti kepada ornag tua, do’a akan dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Karakteristik para nabi ialah berbakti kepada orangtua.
  • Ridha Allah terletak pada ridha orang tua. Jika orang tua murka, maka Allah akan murka juga
  • Dengan berbakti kepada orang tua akan menjadi salah satu kunci menuju surga.
  • Dengan berbakti kepada orang tua merupakan sutau kebaikan yang menghapus dosa-dosa besar
  • Dengan berbakti kepada orang tua akan memjadikan rezeki menjadi lancar.

Birrul walidain merupakan bagian dari etika ajaran agama Islam yang menunjukan sikap bakti seorang anak kepada kedua orangtuanua. Bagi seorang Muslim, berbakti kepada orangtua bukan hanya untuk memenuhi tuntunan norma kesopanan, namun kewajiban menaati perintah Allah SWT.

Perintah untuk berbakti kepada orangtua tercantum dalam salah satu firman Allah SWT yang berbunyi:

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua.” (QS. An Nisa: 36).

Dibawah Ini Merupakan Contoh Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Atau Birrul Walidain.

Pixabay.com
  • Mendoakan Orangtua

Wujud berbakti seorang kepada orang tua adalah dengan cara mendoakannya.Bagi seorang anak mendoakan kedua orang tau hukumnya wajib, baik yang masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

  • Bersikap Sopan dan Santun

Adab berbiacara kepada orang tua dengan menggunakan bahasa yang sopan dan halus. Selain itu, jangan lupa untuk mengucapkan salam dan mencium tangan orangtua ketika hendak berpergian. Ketika seorang anak izin meninggalkan rumah, doa orangtua juga menyertai agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

  • Tidak Membentak Orangtua

Semarah-marahnya seorang anak kepada orangtua, jangan pernah sampai membentak mereka. Jika seorang anak berbuat salah lalu diberi nasihat, cukup dengarkan dan taati perintah orangtua. Tidak perlu membentak, atau  bahkan mengeluarkan kata-kata kasar. Sebab ketika orang tua murka maka Allah juga akan murka.