Pendidikan

Yuk Coba Cara Pintar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris dapat Anda lakukan dengan berbagai macam cara menarik. Tentu saja cara-cara ini akan membantu membuat Anda semakin pintar menguasai alat percakapan internasional ini. Bahasa Inggris sangat perlu untuk dipelajari karena merupakan bekal untuk bergaul secara luas.

Bahkan hampir setengah bagian bumi ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pemersatu mereka. Untuk bertahan di era globalisasi seperti saat ini pun harus memiliki kemampuan berbahasa ini. Berikut beberapa cara pintar agar bisa berbahasa Inggris.

Berbagai Cara agar Pintar Berbahasa Inggris

Bagi yang ingin mempelajari bahasa Inggris, tentu ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Tidak hanya melalui bangku pendidikan formal, Anda juga bisa melakukannya secara otodidak. Ini dia beberapa cara pintar berbahasa Inggris yang bisa Anda coba.

  1. Pelajari Kata-Kata Dasar

Bagi level pemula, Anda bisa memulainya dengan mempelajari kata-kata dasar terlebih dahulu. Pelajari kata-kata dasar ini menggunakan tema-tema yang ada di sekitar kita. Misalnya tema hewan, tumbuhan, makanan, dan lain sebagainya.

Lakukan pembelajaran kata-kata dasar berdasarkan tema agar lebih spesifik. Anda pun tidak akan bingung dalam mengingat-ingatnya karena sudah sesuai dengan tema yang sudah dikelompokkan.

  1. Sering Mendengarkan Siaran Berbahasa Inggris

Kemampuan mendengarkan begitu dibutuhkan agar cepat pintar berbahasa Inggris. Anda bisa melakukannya dengan rajin mendengarkan podcast, siaran Youtube, film, radio, dan berbagai hal lain asalkan berbahasa Inggris.

Rajin dengarkan siaran tersebut dan pahami arti dan maksud yang disampaikan. Pastikan Anda melakukannya secara rutin. Jika ada yang tidak dipahami, catat baik-baik dan tanyakan kepada yang lebih paham.

Anda juga dapat menonton film berbahasa Inggris tanpa terjemahan. Cara ini tergolong efektif untuk melatih kepekaan dalam mendengarkan. Atau bisa juga menonton film dari bahasa lain tetapi memiliki terjemahan bahasa Inggris.

  1. Membaca Literatur Bahasa Inggris

Selain mendengarkan, Anda juga harus rajin membaca literatur bahasa Inggris. Baca literatur tersebut secara rutin agar terbiasa dengan kosa kata yang cukup sulit. Jika literatur terasa berat, carilah tema yang sekiranya ringan untuk dipahami.

Catat kata-kata yang tidak dipahami. Carilah artinya dan ingat baik-baik. Jadwalkan untuk membaca literatur setiap harinya. Pastikan Anda melakukannya secara rutin agar proses belajar tidak terhenti.

  1. Tambah Kosakata Lewat Kamus

Kamu bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk belajar kosa kata. Selain untuk mencari arti, Anda bisa membaca kamus untuk memahami penggunaan katanya. Biasanya dalam sebuah kamus akan muncul informasi mengenai arti kata, padanan, dan penggunaannya.

Selain menggunakan kamus fisik, Anda juga bisa memanfaatkan fitur terjemahan dari Google. Fitur tersebut bermanfaat untuk mengartikan sesuatu secara lebih cepat dimanapun dan kapanpun.

  1. Lafalkan Kosa kata Baru dan Gunakan

Belajar bahasa Inggris berarti mendapatkan kosa kata baru setiap hari. Jika mendapatkan kosa kata baru, jangan abaikan begitu saja. Gunakanlah dan lafalkan agar tidak lupa. Anda bisa menggabungkannya dengan kosa kata yang sebelumnya sudah dimiliki.

Lafalkan dengan pengucapan yang tepat. Tujuannya agar ketika listening tidak sulit dalam memahaminya. Lakukan cara tersebut secara rutin sehingga kosa kata yang Anda kuasai tidak sebatas itu-itu saja.

  1. Cobalah Menulis dengan Bahasa Inggris

Menulis juga menjadi hal penting yang harus dikuasai jika ingin pintar bahasa Inggris. Antara pengucapan serta penulisan memang berbeda dalam bahasa satu ini. Memang memerlukan teknik khusus agar kepenulisan tepat. Meskipun demikian, cobalah untuk berlatih setiap hari.

Anda bisa menulis kata-kata baru. Rangkai menjadi kalimat yang enak untuk dibaca. Jika ingin mencari cara yang lebih seru, cobalah menulis status atau caption berbahasa Inggris di media sosial Anda.

  1. Belajar Berbicara dengan Percakapan

Belajarlah untuk bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris. Cara satu ini sangat cocok untuk Anda lakukan agar kemampuan speaking semakin meningkat. Teori mengenai grammar dan berbagai hal lain tidak akan maksimal hasilnya jika tidak langsung dipraktekkan.

Jangan malu untuk memulai bercakap-cakap dengan bahasa Inggris. Meskipun untuk awalnya tata bahasanya begitu kacau, hal ini lumrah terjadi. Tetap lakukan sebisa Anda. Jika mendapatkan feedback dari lawan bicara, tulis baik-baik apa saja timbal baliknya dan perbaiki untuk praktek percakapan selanjutnya.

  1. Terus Berlatih

Belajar apapun tidak akan maksimal hasilnya jika terus menyerah. Mempelajari bahasa Inggris harus dilakukan secara terus menerus. Sebaiknya jangan berhenti hanya di satu fase. Lakukan pembelajaran dalam jangka bertahap asalkan rutin dan tidak menyerah.

Inggrism.com merupakan salah satu sarana belajar daring yang cocok digunakan untuk terus berlatih. Anda bisa memanfaatkannya sebagai pilihan belajar online secara berkelanjutan.

  1. Manfaatkan Layanan Online

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, layanan daring merupakan sarana yang menarik untuk belajar bahasa Inggris. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk belajar dimanapun dan kapanpun.

Inggrism.com bisa Anda akses dimanapun dan kapanpun melalui gawai. Website tersebut memberikan berbagai macam sarana pembelajaran yang seru untuk para pemula maupun yang ingin meningkatkan kemampuannya.

  1. Jangan Malu untuk Belajar

Malu bertanya sesat di jalan. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan peribahasa tersebut. Gunakan peribahasa demikian sebagai motivasi yang sempurna agar selalu semangat belajar bahasa Inggris. Memang untuk tahapan awal harus melalui banyak pembiasaan.

Banyak juga kesalahan yang didapatkan ketika pertama belajar bahasa Inggris. Hal tersebut sebenarnya biasa terjadi. Jadi jangan malu untuk memulai belajar bahasa internasional ini. Lakukanlah secara rutin dan telaten agar semakin pintar untuk kedepannya.

  1. Pilih Tempat Belajar yang Tepat

Selain belajar sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa kursus maupun tempat belajar lainnya. Misalnya ingin menggunakan jasa belajar dari pihak lain, sebaiknya pilih tempat yang tepat dan sudah terjamin kredibilitasnya.

Pastikan pula kurikulum yang diberikan sesuai dengan tujuan Anda. Salah satu pilihan menarik untuk tempat belajar Bahasa Inggris adalah Inggrism.com. Aneka teknik pembelajaran bahasa Inggris bisa Anda dapatkan di website tersebut.

  1. Lakukan Secara Kontinyu

Berbagai macam cara di atas akan lebih efektif apabila Anda melakukannya secara kontinyu. Sebaiknya buat jadwal untuk mempelajari bahasa Inggris secara khusus. Langkah ini berguna agar pembelajaran menjadi lebih rutin. Luangkan waktu 1-2 jam untuk melakukannya setiap hari.

Alangkah lebih tepat lagi jika Anda memiliki guru khusus untuk membimbing. Ajak pula rekan belajar bersama sehingga bisa saling menyemangati satu sama lain. Pilih waktu yang cocok untuk belajar agar suasana yang Anda rasakan lebih kondusif.

Manfaat Berbahasa Inggris di Era Digital

Belajar bahasa Inggris sebenarnya sudah dilakukan sejak di bangku Sekolah Dasar. Bahkan ada sekolah Taman Kanak-Kanak yang sudah menggunakan bahasa internasional ini dalam kurikulumnya. Memang begitu penting menguasai bahasa satu ini terlebih di era digital. Ini dia beberapa manfaatnya.

  1. Menambah pengetahuan berbahasa
  2. Mempermudah komunikasi
  3. Tentu saja akan membuat penuturnya tampak lebih keren
  4. Liburan atau bepergian terasa lebih aman
  5. Lebih percaya diri
  6. Akses informasi tidak terbatas
  7. Mudah diterima kerja atau bersekolah dimanapun
  8. Menjadi nilai plus untuk Curriculum Vitae
  9. Bisa beradaptasi secara mudah dengan lingkungan
  10. Kemampuan diri lebih meningkat

Banyaknya cara pintar bahasa Inggris serta manfaatnya yang begitu besar untuk yang menguasainya, tentu membuat bahasa percakapan internasional ini sangat penting untuk dikuasai. Jangan lelah untuk terus belajar ya.