Fauna

Cara Pemberian Pakan Bebek Petelur Agar Lebih Produktif

Mencari usaha sampingan? Mengapa tak mencoba usaha ternak bebek petelur saja. Memang peminat telur bebek tak sebanyak telur ayam. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa telur bebek memiliki pangsa pasar sendiri. Sehingga tak menutup kemungkinan untuk sukses dikemudian hari, bukan?

Salah satu cara ternak bebek petelur agar sukses adalah dengan memperhatikan jenis pakan. Tak hanya sebatas pada jumlah pemberian saja. Namun juga memilih komposisi yang terkandung pada pakan yang diberikan. Kualitas pakan dapat berdampak positif pada produktifitas bebek petelur. Kira-kira, bagaimana cara pemberian pakan pada bebek petelur agar lebih produktif?

Jangan Takut Rugi, Pilih Pakan Bebek yang Berkualitas

Berhasil atau tidak nya usaha peternakan berawal dari pakan. Bagaimana pun juga, usaha ternak adalh usaha memelihara makhluk hidup. Jadi kualitas hidupnya tentu sangat bergantung pada apa yang dikonsumsi. Semakin baik pakan yang diberikan, tentu nutrisi yang diberikan pun akan semakin lengkap.

Bebek petelur yang diberi pakan dengan kualitas baik akan lebih produktif. Secara matematis, semakin intens masa panen tentu keuntungan yang didapat juga akan semakin besar. Berbeda ketika bebek hanya diberi pakan yang di bawah standar. Telur yang dihasilkan tentu tak akan sebaik bebek yang diberi pakan berkualitas.

Kualitas pakan disini mengacu pada kandungan nutrisi yang ada pada pakan. Bebek juga membutuhkan gizi yang cukup untuk bisa produktif. Beberapa kandungan gizi yang dibutuhkan bebek petelur gar dapat memproduksi telur secara optimal seperti karbohidrat dan protein.

Beras, bekatul, dedak dan gabah adalah contoh pakan bebek yang memiliki kandungan karbohidrat. Sedangkan kandungan protein bisa diperoleh dari bungkil kelapa, bungkil tahu dan tempe, dan berbagai tepung olahan khusus untuk pakan bebek. Seperti tepung ikan, tepung darah dan tepung keong.

Selain beberapa jenis pakan tersebut, konsentrat juga tak boleh luput dari daftar pakan. Karena konsentrat memiliki nutrisi yang sengaja dibuat untuk bebek petelur. Informasi lain tentang pakan bebek bisa dilihat di blog tentang hewan.

Jangan Lupa Untuk Memberikan Vitamin

Bebek petelur juga perlu suplemen. Ada banyak jenisnya. Yang umum adalah suplemen berbentuk cair. Cara pemberiannya bisa dicampur pada pakan bebek.  Apa manfaat suplemen untuk bebek petelur?

Ada beberapa nutrisi penting yang tak bisa didapat hanya dari pakan saja. itulah gunanya suplemen, yaitu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bebek.

Suplemen untuk bebek petelur bisa merangsang enzim pertumbuhan. Tak hanya itu, bebek yang rutin diberi suplemen akan lebih produktif. Telur yang dihasilkan akan lebih banyak. Dan masa bertelur nya pun lebih panjang.

Kesehatan bebek juga lebih terpelihara apabila rutin diberikan suplemen tambahan. Karena suplemen ini berisi berbagai nutrisi yang baik untuk memperbaikan imunitas. Sehingga bebek tak mudah terserang berbagai penyakit. Tak hanya itu, kesehatan pencernaan pun ikut terpelihara. Salah satu efek langsung yang nampak adalah kotoran bebek yang tak berbau.

Melihat cara pemeliharaan yang sederhana, nampaknya ternak bebek petelur bisa menjadi pilihan usaha. Apalagi jika dibandingkan dengan ternak ayam, bebek cenderung lebih mudah dibudidayakan. Karena bebek lebih kebal dan tak mudah terserang penyakit. Asalkan pemiliki betul-betul menjalankan usaha ternak ini sesuai dengan prosedur yang berlaku. Khususnya menjaga kebersihan kandang dan tak sembarangan dalam pemberian pakan.

Bagi yang tertarik untuk memulai usaha ternak, zonaternak.com menyediakan berbagai informasi yang sangat bermanfaat. Semakin banyak informasi yang diperoleh tentu akan semakin baik, bukan? Hal ini dapat meminimalisir resiko kerugian dalam usaha peternakan.