Teknologi

Simak 5 Cara Menghapus Virus Di Komputer Windows 7 Yang Wajib Diketahui

Virus merupakan salah satu hal yang dapat mendatangkan masalah yang tidak bisa dihindari oleh kebanyakan orang. Windows 7 merupakan salah satu perangkat lunak yang kerap kali menjadi sasaran dari virus tersebut yang dapat merusak sistem dan lain sebagainya. Untuk itu sangat penting mengetahui cara menghapus virus di komputer Windows 7. Ingin tahu? Yuk simak selengkapnya pada ulasan ini.

Cara Mudah Menghapus Virus Pada Windows 7 Yang Wajib Diketahui

  1. Menggunakan Software Antivirus

Pada umumnya Windows memiliki sebuah aplikasi bawaan yang memiliki fungsi untuk menangkal virus. Akan tetapi terdapat beberapa kasus yang mana virus tersebut tidak dapat terdeteksi dengan baik pada komputer anda. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menginstal aplikasi antivirus lainnya sebagai software pelengkap yang dapat diandalkan.

Menggunakan antivirus eksternal sangat diperlukan, terlebih jika komputer anda memiliki performa yang sangat lambat serta muncul berbagai iklan yang tidak jelas. Dengan instal aplikasi antivirus yang terpercaya dan memiliki berbagai keunggulan seperti sistem deteksi yang baik maka akan sangat membantu untuk menghempaskan berbagai virus yang ingin bersarang di laptop.

  1. Format Partisi

Cara menghapus virus di komputer Windows 7 selanjutnya yang dapat dicoba adalah melakukan format terhadap partisi yang diduga terkena berbagai virus. Cara yang satu ini dikenal memiliki resiko dan tidak menjamin kesuksesan yang bisa anda raih. Akan tetapi cara yang satu ini juga dapat dicoba terutama bagi virus yang berada pada flashdisk ataupun memori card.

Jika tidak yakin menggunakan cara yang satu ini, maka anda dapat mengunjungi www.charis.id yang merupakan salah satu blog yang membahas informasi seputar teknologi khususnya komputer dan android. Dengan begitu anda akan mendapatkan berbagai informasi lainnya mengenai cara menghapus virus lainnya secara optimal.

  1. Menggunakan Windows Defender

Windows Defender merupakan salah satu aplikasi antivirus bawaan yang dimiliki oleh Windows 7. Yang mana aplikasi satu ini dapat melakukan pemindaian terhadap suatu virus dan menghapusnya pada komputer yang memiliki sistem operasi Windows 7. Dengan demikian komputer dapat terbebaskan dari berbagai virus berbahaya yang dapat merusak sistem perangkat lunak lainnya.

Cara untuk menggunakan aplikasi bawaan yang satu ini cukup mudah, anda hanya perlu membukanya melalui start menu. Pada jendela Windows Defender, maka anda dapat memilih scan untuk memulai pencarian terhadap sistem operasi yang dimiliki. Apabila virus terdeteksi oleh aplikasi ini maka akan terdapat laporan atau result terhadap pencarian tersebut.

  1. Menghapus Manual

Salah satu cara yang mudah yang dapat dilakukan untuk menghapus virus pada Windows 7 selanjutnya adalah menggunakan cara manual. Untuk melakukan cara yang satu ini anda harus memiliki kepastian bahwa file yang akan dihapus benar-benar merupakan file virus. Cara satu ini biasanya dilakukan apabila file virus yang ditemukan oleh antivirus tidak dapat dihapus secara langsung.

  1. Instal Ulang

Instal ulang juga merupakan salah satu cara yang mudah dan aman untuk menghapus virus yang terdapat pada komputer anda. Cara yang satu ini biasanya dijadikan pilihan terakhir yang dilakukan oleh banyak orang, namun cara yang satu ini sangat dibutuhkan jika infeksi virus yang terjadi pada komputer sangat para. Pasalnya antivirus saja tidak akan dapat mengatasinya dengan baik.

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghapus virus pada Window 7 anda. Antara lain menggunakan aplikasi antivirus bawaan, antivirus eksternal, menghapus manual, hingga melakukan instal ulang. Yang mana beberapa cara tersebut mampu dijadikan pilihan dalam menghapus virus yang mempengaruhi sistem komputer.