Pendidikan

Cara Mengecek Keaslian Sertifikat TOEFL

Sertifikat TOEFL biasanya memang diperuntukkan oleh pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri seperti Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Namun, di Indonesia, sertifikat TOEFL juga digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris pelajar yang ada di suatu universitas.

Sertifikat TOEFL juga digunakan sebagai syarat kelulusan pada jenjang pendidikan tertentu tergantung dari lembaga pendidikan yang bersangkutan. Umumnya, TOEFL dengan skor tertentu dijadikan sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa. Oleh karena itulah sertifikat TOEFL haruslah asli agar seorang mahasiswa dapat lulus dari universitas.

Pada sertifikat TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS Anda jelas tidak perlu lagi meragukan keasliannya. Namun, pada sertifikat TOEFL ITP yang dikeluarkan oleh berbagai universitas karena lingkup yang berbeda-beda, tampilan sertifikatnya pun berbeda-beda.

Oleh karena itulah Anda akan membutuhkan beberapa tips berikut sebagai cara mengecek keaslian sertifikat TOEFL.

  1. Lembaga terpercaya

Untuk mendapatkan sertifikat TOEFL yang keasliannya sudah terjamin, Anda perlu memilih lembaga yang terpercaya untuk melakukan tes TOEFL, terutama apabila Anda melakukan tes TOEFL dengan bantuan suatu lembaga bahasa.

Pastikan bahwa lembaga bahasa tersebut merupakan lembaga yang telah dipercaya banyak orang sehingga Anda akan mendapatkan sertifikat TOEFL yang asli.

Apabila Anda melakukan tes TOEFL ITP dengan pihak universitas sebagai penyelenggara, maka Anda hanya perlu mengikuti prosedur dan tidak perlu cara mengecek keaslian sertifikat TOEFL yang diberikan.

  1. Diakui oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang biasa disebut LPDP merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Keuangan, yaitu lembaga yang bertugas mengelola dana pendidikan.

Salah satu kegiatan dari lembaga yang satu ini adalah yang memberikan beasiswa kepada warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang magister (S2) dan doktoral (S3).

Untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan termasuk membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan yang di atas rata-rata. Oleh karena itulah Anda harus memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS asli dengan skor yang memenuhi kriteria.

Apabila sertifikat TOEFL Anda diakui oleh LPDP, maka sertifikat tersebut adalah sertifikat asli.

Jika sertifikat tersebut diakui oleh LPDP, artinya Anda memiliki beberapa keuntungan salah satunya adalah dapat memperoleh beasiswa, terutama bagi Anda yang masih memiliki semangat belajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu memikirkan biaya kuliah magister atau doktoral yang besar. Namun, untuk mendapatkan beasiswa, Anda harus mengumpulkan berkas-berkas dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa LPDP, termasuk mengikuti tes TOEFL seperti Tes TOEFL online untuk mendapatkan sertifikat.

Tes TOEFL online memiliki beberapa kelebihan dibanding tes TOEFL biasa, salah satunya adalah tempat pelaksanaan yang lebih fleksibel dan Anda tidak harus berada di posisi yang sama untuk melakukan tes tersebut.

Selain itu, Anda selaku peserta tes TOEFL juga dapat memilih jadwal tes sendiri kapan pun Anda memiliki waktu luang tanpa terikat oleh aturan tempat. Dengan kata lain, Anda dapat melakukan tes secara online kapan pun dan di mana pun.

Setelah melakukan tes TOEFL secara online, Anda akan mendapatkan dua jenis sertifikat, yaitu sertifikat TOEFL digital dan sertifikat fisik. Sertifikat TOEFL yang berupa sertifikat digital umumnya dikirim melalui email secara otomatis oleh sistem begitu peserta menyelesaikan tes, sementara sertifikat fisiknya dikirim ke rumah.