Uncategorized

Cara Mengatasi Motor Matic Ngegas Sendiri Akibat Skep Baret

Ada beberapa cara mengatasi motor matic ngegas sendiri salah satunya diakibatkan oleh bagian skep berbaret sehingga sistemnya tidak bisa berjalan semestinya. Mengatasi masalah seperti ini disarankan secepat mungkin untuk menghindari masalah lebih parah karena dapat mempengaruhi keamanan saat berkendara.

Cara Memperbaiki Skep Baret

Skep merupakan komponen berbentuk tabung yang berfungsi mengatur lubang udara di dalam intake. Sistem kerjanya yakni ketika gas ditarik maka lubang udara membesar, begitu pula sebaliknya.

Munculnya baret pada skep baik akibat terkena goresan atau setelah mengalami kecelakaan, bisa mengganggu fungsinya. Agar masalah tidak kian berat, silahkan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu mulai dari obeng dan amplas halus.
  2. Ambil skep dari badan motor, cari bagian yang baret.
  3. Aplikasikan amplas pada skep yang baret.
  4. Lakukan prosesnya secara perlahan agar permukaannya tidak menipis.
  5. Buat baret tersamar dan permukaannya menjadi lebih halus.
  6. Pasang kembali bagian skep ke tempat seharusnya.
  7. Coba hidupkan motor, kemudian cek bagian gasnya.
  8. Periksa apakah motor masih ngegas sendiri atau sudah normal kembali.
  9. Jika masalah tidak teratasi, sebaiknya lakukan cara lain.

Penanganan masalah baret pada skep sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli karena perlu membongkar beberapa bagian. Tujuan utamanya untuk menghindari terjadinya kerusakan di area lain.

Apabila ternyata masalah belum teratasi, silahkan membawanya ke service terpercaya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi paling tepat.