Kesehatan

Cara Mengatasi Capek di Punggung

Setiap kali setelah beraktivitas yang melibatkan anggota tubuh alias aktivitas fisik, seseorang biasanya mengalami rasa capek. Rasa capek ini sebetulnya wajar, karena ketika melakukan kegiatan otot berkontraksi.

Setelah bekerja, badan juga sering merasa pegal atau nyeri dan hal ini juga normal. Namun, dalam kondisi tertentu, rasa nyeri dan pegal di area tubuh tidak boleh diremehkan. Apalagi jika setelah melakukan pekerjaan berat dan dalam waktu terus menerus.

Untuk itu, sebaiknya perlu memperhatikan kondisi tubuh. Jangan terlalu memforsir diri karena dampaknya tidak bagus dimasa mendatang. Mungkin saat ini masih fit, sehat. Namun lama lama kondisi kesehatan dan fisik menurun, menyebabkan berbagai gangguan dan penyakit mudah masuk. Jagalah kesehatan anda.

Cara Mengatasi Capek di Punggung

Ketika bekerja, atau setelahnya. Juga sering mengalami rasa capek di punggung. Meski hal wajar, anda perlu melakukan beberapa tips agar rasa capek hilang. Begitu juga ketika merasa nyeri atau terasa sakit di area ini, bisa diatasi dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

Cara mengatasi capek di punggung bisa dilakukan dengan beberapa tips. Capek di punggung sendiri bisa saja disebabkan berbagai faktor, rasa capek di punggung bahkan ada yang dibarengi nyeri atau kaku. Hal ini bisa mengganggu aktivitas.

Kadang rasa sakit di punggung juga disertai efek sakit kepala dan nyeri ketika menarik nafas. Nyeri punggung ini bisa disebabkan akibat gangguan saraf tulang belakang atau otot leher dan punggung.

Penyebab Capek dan Sakit di Punggung

Ada beberapa sebab capek di punggung dan punggung terasa sakit. Diantaranya :

1. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan punggung capek dan sakit karena salah posisi duduk dan duduk dalam jangka waktu lama, misalnya seharian kerja atau mengendarai kendaraan jarak jauh.

Posisi ini membuat saraf saraf di punggung tertekan, sehingga punggung kaku, membuatnya capek dan terasa sakit.

2. Kurang Olahraga

Kurang berolahraga atau jarang melakukan gerakan fisik juga bisa membuat otot lemah, menyebabkan otot tidak bisa topang tubuh dengan normal.  Akibatnya, tubuh bakal gampang merasakan capek dan sakit baik sakit bawah  atas maupun punggung bawah.

3. Tas Ransel yang Terlalu Berat

Terlalu sering membawa ransel atau tas punggung berat juga mempengaruhi bentuk tulang belakang. Seiring waktu, kebiasaan ini bisa menyebabkan sakit punggung dan punggung terasa capek.

4. Kebiasaan Mengenakan Sepatu yang Tidak Pas

Penyebab punggung capek dan terasa sakit lainya adalah mengenakan sepatu tidak pas. Selain sepatu tinggi, memakai sepatu apapun kalau bahan dasarnya sudah aus atau bentuk lengkunganya tak tepat dengan bentuk telapak kaki, bisa sebabkan sakit punggung dan capek di punggung, selain menyebabkan gangguan pada kaki.

5. Penyebab Lainnya

Selain penyebab di atas, capek di punggung juga bisa disebabkan beberapa hal lain seperti tidur di kasur yang kualitasnya kurang baik, mengalami cedera, mengalami tendonitis, patah tulang selangkangan, dan beberapa penyebab lainya.

Cara Mengatasi Capek di Punggung

Berikut ini beberapa cara mengatasi capek di punggung yang bisa dilakukan. Cara dibawah ini juga bisa untuk mengurangi nyeri dan sakit punggung.

  1. Kompres dingin bagian punggung atau tengkuk untuk atasi capek di punggung dan redakan nyeri. Juga bisa konsumsi seperti paracetamol untuk meredakan nyeri.
  2. Perbanyak istirahat. Ketika beristirahat (tidur) sebaiknya tidak memakai bantal terlalu banyak. Hindari juga angkat benda berat atau terlalu banyak membungkuk.
  3. Mengenakan korset khusus yang dapat memperbaiki posisi dan postur tulang belakang dan membuat punggung tidak capek
  1. Olahraga teratur. Dengan olahraga otot otot akan terlatih dan menjadi sehat sehingga tidak gampang capek di punggung.
  2. Menjalani fisioterapi. Jika rasa capek dan sakit di punggung karena cedera, atau gangguan lainnya. Maka bisa dilakukan tindakan fisioterapi operasi tulang belakang.

Tips Tambahan Lain

Nah itulah tadi cara mengatasi capek di punggung. Untuk tips tambahan cara atasi capek di punggung bisa dilakukan dengan beberapa hal seperti rajin berenang, melakukan yoga, dan dilakukan pemijatan di area punggung untuk melemaskan otot otot dengan bantuan ahli Pijat panggilan Mataram. Cara ini harus dibarengi dengan pola hidup dan pola makan sehat. Semoga bermanfaat.