Uncategorized

Cara mencuci sofa

Berikut ini cara cuci sofa berbahan kain yang baik dan benar. Bisa dicoba dirumah agar sofa anda bersih dan nyaman. Untuk sofa jenis lain bisa saja cara mencucinya berbeda. Simak selengkapnya berikut ini.

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mencuci sofa. Namun pada beberapa sofa berbahan kain, anda bisa mengikuti tips ini.

Dalam tips ini, maupun dalam praktiknya, sebenarnya mencuci sofa tidak boleh dengan banyak air. Hal ini bisa menyebabkan sofa terlalu basah, sehingga akan merusak bahan atau material sofa.

Biasanya, akan lebih sedikit gunakan air dengan campuran deterjen. Dan dilap pakai tisu atau kain bersih, cara ini efektif. Simak selengkapnya berikut ini :

Cara Mencuci Sofa

  • Sebelum mencuci sofa, buang kotoran dan debu pada seluruh permukaan sofa. Untuk membuang kotoran ini, bisa gunakan sikat bulu halus, kemoceng, atau kain lap bersih. Bisa juga dengan gunakan vacuum cleaner.
  • Kemudian, gunakan tisu basah atau kain microfiber dengan dibasahi pakai sedikit cuka. Ini untuk bersihkan noda atau bercak di sofa. Setelah itu, bersihkan seluruh permukaan sofa gunakan kain microfiber yang sudah dibasahi dengan larutan deterjen. untuk menyeka kain penutup sofa secara perlahan.
  • Setelah itu tunggu beberapa saat. Larutan deterjen tadi akan membersihkan kotoran di bawah permukaan sofa. Pastikan bahwa kain microfiber lembab agar tak terlalu membasahi sofa.
  • Untuk mengeringkan sofa dengan cepat, ada yang memilih gunakan pengering rambut. Tapi anda bisa membiarkan sofa anda mengering secara alami, karena hal ini lebih baik. Buka jendela, biarkan angin masuk untuk mempercepat pengeringan secara alami.

Tips Membersihkan dan merawat sofa sehari-hari

  • Sebaiknya bersihkan rutin dan bertahap sofa anda agar pekerjaan jadi lebih ringan.
  • Jika terkena noda, bersihkan sofa secepatnya, noda baru lebih gampang dihilangkan.
  • Sedot debu sofa sekali seminggu. Jangan biarkan debu menempel di sofa sebab bisa ubah warna sofa jadi agak gelap.
  • Lepas bagian bagian sofa jika bisa. Kemudian cuci dengan rutin. Pasang lagi kain pembungkus sofa dan bantal sofa saat masih agak lembab sehingga ketika sofa kering, kain kembali ikuti bentuk sofa.
  • Ketika membersihkan sofa jangan terlalu basah. Pakai saja deterjen cair dan campur dengan sedikit air. Gunakan tisu untuk mengelap sofa terlalu basah, biarkan sofa mengering alami.

Nah itulah cara mencuci sofa yang baik dan benar. Selamat mencoba