Makanan

Cara Membuat Tongseng Ayam

Menyiapkan sajian makan malam memang sudah biasa dilakukan oleh ibu-ibu di rumah. Namun, seringkali begitu seringnya menyajikan makanan sampai-sampai membuat ibu menjadi stuck dan merasa bingung mau masak apa.

Tak perlu khawatir dan tak perlu risau, ibu bisa masak salah satu sajian yang lezat dan menggiurkan. Tak lain dan tak bukan adalah tongseng ayam. Kalau biasanya tongseng terbuat dari daging sapi, bagaimana jadinya jika kali ini terbuat dari daging ayam, ya?

Cara Membuat Tongseng Ayam

Bahan dan Bumbu Tongseng Ayam

Saat membuat tongseng sapi, pasti sudah banyak orang yang tahu bagaimana cara membuatnya. Terlebih saat mengingat banyak bumbu yang sudah dipastikan membuat Moms pusing, tongseng sapi sudah bukan lagi hal yang asing.

Tetapi, bagaimana dengan tongseng ayam? Agaknya makanan yang satu ini terbilang masih sangat jarang sehingga masih banyak Moms yang masih bingung bagaimana cara mengolahnya. So, apakah ada bumbu-bumbu yang dirubah?

Pertama, silahkan siapkan beberapa bumbu untuk membuat tongseng ayam. Di antaranya adalah daging ayam sebanyak 500 gram ( untuk Harga Ayam Broiler Hari Ini bisa kamu cek secara online ) , lakukan pemotongan kecil-kecil. Kemudian sediakan pula bawang putih 3 siung, bawang merah 8 siung, 1 sdt ketumbar dan 3 butir kemiri.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk bumbu dan meningkatkan cita rasa kelezatan tongseng ayam, yakni 1/2 ruas jahe, 1/2 ruas kunyit, 2 serai yang digeprek, 2 lembar daun salam, 1/2 ruas lengkuas, 1 tomat yang dipotong-potong dadu, kol secukupnya dan daun bawang.

Ada pun Moms juga jangan lupa untuk menambahkan kecap manis, cabai rawit untuk cita rasa pedas dan supaya warnanya semakin cantik, kaldu ayam, garam, gula pasir, 1 Bks santan instan, air secukupnya dan minyak goreng secukupnya.

Proses Pembuatan Tongseng Ayam

Setelah mengetahui bahan dan bumbu apa saja yang diperlukan, tunggu apa lagi? Yuk Moms kita buat tongseng ayamnya. So pasti caranya tidak berbeda jauh dengan cara membuat tongseng sapi yang sudah biasa Moms lakukan, ya!

Nah! Tahapan pertama untuk membuat tongseng ayam silakan Moms tumis bumbu halusnya. Nah! Kira-kira apa aja sih bumbu halus yang perlu dihaluskan ketika membuat tongseng ayam? Banyak Moms!

Di antaranya ada bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, dan jangan lupa tambahkan sedikit air jika menghaluskan bumbunya menggunakan blender. Selanjutnya, silahkan siapkan wajan yang sudah diberikan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus.

Tumis bumbu halus sampai harum, setelah itu Moms bisa tambahkan dengan cabai rawit, daun salam, serai, dan lengkuas. Kembali menumisnya sampai layu dan harum, aduk-aduk sampai rata. Silakan Moms tumis sampai matang.

Jika sudah, Moms bisa memasukan daging ayamnya. Masak daging ayam sampai berubah warna dan juga matang. Tak sampai disitu saja, Moms perlu menambahkan air supaya membuat ayam matang jadi lebih cepat dan tentunya supaya tidak gosong.

Setelah ditambahkan dengan air, silakan Moms diamkan beberapa saat hingga membuat ayamnya matang dan airnya sedikit menyusut. Jangan lupa Moms tambahkan garam, kaldu ayam bubuk, gula pasir, dan kecap manis supaya rasanya semakin lezat.

Silakan Moms aduk-aduk hingga merata dan dirasa sudah matang, maka tongseng ayam siap disajikan. Bagaimana? Mudah sekali, bukan masak tongseng ayam? Untuk cita rasa yang semakin pedas, Moms bisa tambahkan sambal sesuai selera.