Pendidikan

Tidak Perlu Bingung! Berikut Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar

puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terikat oleh banyak unsur seperti irama, mantra, rima, bait, dan baris. Semua unsur tersebut digunakan untuk mengungkapkan emosi, ide, serta imajinasi dari penulisnya serta menggugah hati pendengarnya. Lantas tahukah anda bagaimana cara membuat puisi yang baik dan benar dengan mudah? Yuk simak informasinya di sini!

Langkah Mudah Membuat Puisi

  1. Tentukan Tema dan Judul

Pada dasarnya tema merupakan sebuah gagasan pokok atau ide pikiran atas suatu hal yang menjadi awal permulaan dari sebuah karya. Saat hendak membuat puisi, anda harus menentukan dulu temanya. Langkah ini akan mempermudah anda saat hendak mengembangkan ide dan memilih arah puisi yang akan dibuat.

Tema yang berfungsi sebagai landasan akan menjadi poin penting yang ingin anda sampaikan. Setelah menemukan tema, anda harus mulai membuat judulnya. Komponen ini tak kalah penting karena judul memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang akan ditulis di dalam puisi tersebut. Jika tema adalah dasar utama maka judul berfungsi sebagai petunjuk utama isi.

  1. Menentukan Kata Kunci

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan saat hendak membuat puisi adalah menentukan kata kunci. Kata kunci kemudian akan dikembangkan menjadi satu baris. Setelah itu anda dapat mengembangkan baris tersebut ke dalam bentuk bait. Dengan melakukan tips ini maka puisi yang anda hasilkan terlihat lebih terarah dan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan.

Lantas bagaimana cara menemukan kata kunci yang pas untuk sebuah tema? Anda bisa membuka internet untuk mencari referensi terkait dengan berbagai contoh puisi dan kemudian perhatikan kata apa yang paling sering muncul. Biasanya, kata itulah yang menjadi kata kunci. Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut namun kemudian harus dikembangkan secara mandiri.

  1. Menggunakan Gaya Bahasa

Langkah ketiga yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah puisi yang indah adalah memilih penggunaan gaya bahasa dengan cermat. Salah satu contih gaya bahasa yang kerap digunakan di dalam puisi adalah majas perbandingan. Majas ini dikenal dengan nama majas metafora. Penggunaan gaya bahasa ini akan membuat puisi lebih menusuk hati.

Pada intinya, fungsi majas adalah untuk mempercantik kalimat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebuah puisi harus dapat menggugah hati para pendengar atau pembacanya. Selain itu majas bisa membuat puisi menjadi tidak monoton dan membosankan. Kiasan kiasan yang ada di dalamnya pasti sangat menarik untuk didengar.

  1. Mengembangkan Puisi Seindah Mungkin

Cara terakhir yang dapat digunakan agar puisi yang dihasilkan menjadi indah adalah dengan mengembankan puisi menjadi karya sastra yang utuh dan dapat dinikmati. Susunlah tema dasar tadi menjadi sebuah bait yang kaya makna dengan dihiasi berbagai majas yang cocok dan padu serta tidak terlihat berlebihan.

Cara membuat puisi yang baik dan benar sebenarnya tidak ada patokan khusus sehingga pengarangnya dapat memilih metode yang paling nyaman menurutnya. Meskipun begitu tahapan mengembangkan puisi menjadi karya utuh adalah step terakhir. Anda dapat mempercantiknya dengan memilih kata yang banyak tafsir atau menggunakan akhiran berirama.

Demikianlah cara yang dapat anda ikuti jika hendak membuat sebuah puisi. Yang terpenting, anda harus kreatif dan mampu berimajinasi dengan baik. Dua faktor tersebut memegang peran penting agar puisi yang dihasilkan terlihat indah dan menarik. Anda juga dapat mencari informasi tentang ciri ciri puisi dan contohnya terlebih dahulu sebagai pengetahuan dasar.