Umum

Yuk Intip 5 Cara Belajar Bahasa Inggris Melalui Film Yang Mudah Diterapkan

 

Bagi Anda yang memiliki hobi menonton film, maka jangan sia siakan kesempatan tersebut. Menonton film juga bisa menjadi kegiatan produktif untuk mempelajari bahasa Inggris. Melalui film, maka lebih mudah mengetahui cara berbicara sehari hari, logat, dan idiom yang tidak akan didapatkan dalam buku. Untuk itu, berikut cara belajar bahasa inggris melalui film yang mudah dipraktekkan.

Tips Mempelajari Bahasa Inggris Dari Film

  1. Memilih Film Favorit

Bagi Anda yang pemula, ada baiknya jika memilih film yang sudah pernah ditonton sebelumnya. Dengan mengetahui jalan cerita film, maka Anda akan lebih mudah dalam belajar bahasa Inggris. Anda hanya perlu fokus dalam menangkap kalimat dan bahasa yang menurut Anda menarik untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari.

Sebagai saran, pilihlah film yang menarik dan alurnya santai. Tujuannya yaitu agar tidak susah dimengerti ketika mempelajarinya. Misalnya saja, Anda bisa memilih film yang mengisahkan tentang kehidupan sehari hari. Apabila dirasa sudah mahir, maka Anda bisa memilih film yang lebih tinggi tingkat kesusahannya.

  1. Menggunakan Terjemahan atau Subtitle

Cara belajar bahasa inggris melalui film selanjutnya yaitu untuk tetap menggunakan terjemahan atau subtitle. Namun sebelumnya, pilihlah film dengan penerjemahan yang bagus agar lebih mudah dimengerti. Lebih lanjut, catatlah idiom, kata, dan kalimat yang menurut Anda menarik untuk digunakan. Setelah itu, Anda bisa membaca ulang kata tersebut dan membuat kalimat.

  1. Memulai Dari Skala Kecil Terlebih Dahulu

Menonton film untuk tujuan belajar lebih melelahkan jika dibandingkan menonton untuk hiburan. Apalagi pada tingkat pemula, Anda tidak mungkin akan sering mengulangi kalimat yang belum bisa dipahami. Untuk itu, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri belajar sekaligus. Anda bisa menjeda terlebih dahulu jika sudah mulai lelah.

Jangan frustasi bila Anda tidak mengerti setiap kalimat, sebab Anda bisa mulai dari skala kecil. Sebagai tips, Anda bisa mulai belajar dengan film lepas. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat memilih film serial, hanya saja pastikan tetap ingat tujuannya adalah belajar. Jangan sampai terbawa rasa penasaran dan menontonnya sampai film selesai.

  1. Fokus Dengan Satu Aksen Saja

Sebagai informasi, Bahasa Inggris terbagi menjadi dua macam yaitu British English dan American English. Keduanya memiliki logat dan juga penggunaan kosakata yang cukup berbeda. Maka dari itu, Anda bisa memilih sesuai minat atau kebutuhan yang diinginkan. Tentunya tidak masalah jika ingin mempelajari keduanya. Asalkan memiliki jadwal dan catatan yang jelas.

  1. Menonton Dengan Teman

Mempelajari kemampuan berbahasa inggris melalui film memang menyenangkan. Namun, ada beberapa masalah yang mungkin Anda temukan. Mulai dari tidak adanya teks, harus menekan play atau pause supaya paham, dan harus mengecek arti kata tersebut. Maka dari itu, Anda memerlukan teman untuk menonton bersama.

Enaknya belajar bahasa inggris melalui film dengan teman, maka bisa saling melengkapi dan mengisi kekurangan. Bisa saja teman yang Anda ajak menonton film tersebut memiliki pemahaman yang lebih baik. Akan tetapi jika teman Anda juga kurang paham, sebaiknya tanya pihak ketiga misalnya senior atau guru.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk mempelajari kemampuan bahasa inggris melalui film. Sebelum mulai belajar, sebaiknya menentukan jenis film yang ingin ditonton. Pilihlah film dengan cerita ringan dan bahasa yang mudah dipahami. Jangan lupa catat kosakata, kalimat, idiom yang tidak dimengerti. Jika kurang paham, Anda bisa menanyakan pada guru atau senior.