Teknologi

Beda Notebook dan Laptop

Semakin hari kemajuan teknologi semakin menakjubkan. Pasca kemunculan perangkat komputer yang bisa dengan mudah diakses asal terhubung ke internet, kini muncul perangkat serupa yang mudah dibawa kemana-mana sebab ringan.

Apa lagi kalau bukan laptop? Kemunculan laptop memang memudahkan siapa saja untuk menyelesaikan pekerjaan di mana saja dan kapan saja. Hanya, kini muncul perangkat serupa yang disebut-sebut sebagai notebook. Apa bedanya, ya? Yuk simak penjelasan dari aksitekno berikut.

1. Tampilan Fisik

Ingin mengenal perbedaan laptop dan notebook lebih jauh? Jelas kalau dilihat dari tampilan fisiknya saja sudah berbeda. Sebagai orang Teknologi, kamu bisa membedakan kemenonjolan ini hanya dengan menyaksikan tampilannya sekilas.

Dari tampilan laptop, misalnya. Kita tidak perlu mengukurnya dengan penggaris atau semacamnya. Hanya kalau laptop jelas memiliki ukuran 18 inci lebih, sedangkan notebook memiliki ukuran kisaran 13 – 18 inchi ke bawah.

Selain dari segi ukuran, kita bisa merasakan dari segi bobotnya. Coba, deh! Angkat perangkat laptop atau notebook kaku sekilas. Masuk ke ranah mana? Laptop atau notebook? Catatan penting, laptop memiliki berat kisaran 3-5 kg sementara notebook hanya 1-2 kg saja.

Perbedaan seperti ini sebenarnya sangat jelas hanya dengan disaksikan mata telanjang. Sayangnya masih banyak orang yang sulit membedakan antara laptop dan notebook. Makanya, mulai dari sekarang kamu jangan keliru lagi, ya!

2. Grafis

Mau dilihat dari sisi manapun grafis laptop akan jauh lebih mumpuni dibandingkan notebook. Dahulu memang berlaku seperti ini. Namun, seiring berjalannya waktu, grafis laptop maupun notebook.bisa.dipandang sebanding.

3. Ukuran Penyimpanan

Baik laptop atau notebook, keduanya memiliki ruang penyimpanan yang berbeda. Terutama pada bagian RAMnya. Dalam penggunaan perangkat laptop, seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemampuan menampilkan grafis akan menjadi jauh lebih baik.

Tentu saja adanya ketajaman grafis yang mumpuni juga disebabkan oleh unggulnya VGA card yang digunakan. Kemampuan menampilkan grafis yang bagus sebab dibutuhkan adanya VGA card itulah membutuhkan RAM yang besar.

Namun, notebook biasanya tidak memiliki kemampuan grafis tajam. Selain karena RAMnya yang kecil, pastinya penggunaan VGA card kualitas tinggi tidak mendukung. Namun, siapa sangka jika semakin berkembangnya era teknologi, kini notebook pun bisa sebanding laptop.

Bahkan RAM.juga sudah bisa diupgrade supaya kapasitasnya bisa lebih ditingkatkan. Hal.ini semakin memudahkan para pengguna untuk menyesuaikan perangkat dengan kegunaan yang mereka miliki.

4. Akses DVD ROM

Satu hal lain yang menjadi perbedaan antara laptop dan notebook siapa sangka juga terletak pada akses DVD ROMnya. Perbedaan seperti inilah yang sangat menonjol antara laptop dan notebook. Umumnya, notebook tidak difasilitasi fitur pembacaan DVD.

Sementara itu, laptop kebalikannya. Cenderung dibekali fasilitas DVD Rom. Meskipun begitu, bukan suatu kendala besar bagi pengguna notebook. Mengapa? Sebab semakin canggihnya teknologi, semakin canggih pula keberadaan DVD ROM eksternal.

5. Sumber Daya

Selain perbedaan di atas, perbedaan lain yang menjadi hal paling menonjol adalah kekuatan daya tahan baterai. Sebagai pengguna perangkat elektronik, sebaiknya Anda mengetahuinya. Pada dasarnya meski laptop lebih unggul di segala bidang, tidak dengan daya tahan baterainya.

Penggunaan laptop justru jauh lebih boros ketimbang notebook. Alasannya? Mungkin saja karena laptop lebih canggih dari notebook, maka daya baterainya juga lebih boros. Hal ini berbeda dengan notebook yang lebih mendukung pekerjaan-pekerjaan ringan.

So, bagaimana? Sekarang kamu jadi sudah tahu perbedaan antara laptop dengan notebook, bukan? Pada dasarnya perbedaan keduanya bukanlah batas untuk mengerjakan tugas. Gunakanlah laptop atau notebook sesuai kebutuhan.