Uncategorized

Baju Adat Buton

 

 

Pakaian adat atau pakaian tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang turun temurun dari zaman nenek moyang, dan biasanya digunakan dalam acara pernikahan, upacara adat, dan acara-acara tradisional lainnya. Indonesia memiliki berbagai macam budaya, suku bangsa, serta pakaian tradisional. Salah satu nya yaitu pakaian adat Suku Buton yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Berikut adalah beberapa pakaian adat Suku Buton yang menjadi salah satu ikon atau ciri khas Sulawesi Tenggara.

 

Pakaian Adat Balahadada

Baju tradisional Suku Buton yang bernama baju balahadada ini merupakan baju adat untuk pria. Dahulu baju ini digunakan oleh semua kalangan, baik oleh bangsawan maupun rakyat biasa. Komponen baju ini terdiri dari baju panjang yang berwarna hitam, celana panjang, sarung, destar, ikat pinggang, sarung besar atau bio ogena, serta keris. Selain itu, baju adat balahadada ini juga dilengkapi dengan tutup kepala.

 

Pakaian Adat Kombo

Selain untuk pria, terdapat juga baju adat atau baju tradisional untuk wanita yang bernama Kombo. Komponen baju ini terdiri dari kain berwarna putih yang berbahan dasar satin, serta dihiasi dengan manik-manik. Selain itu pakaian ini pun dilengkapi dengan bio ogena atau sarung besar. Kemudian ditambahkan beberapa aksesoris yang terbuat dari kuningan, perak, dan emas.

 

Demikian itulah merupakan beberapa pakaian adat Suku Buton yang berada di Sulawesi Tenggara. Semoga artikel ini menambah wawasan anda mengenai beragam kebudayaan yang ada di Indonesia.