Uncategorized

Asal Usul Bola Voli

Pertandingan bola voli saat ini banyak dilakukan di beberapa daerah. Kita juga dengan mudah bisa menyaksikan pertandingan tersebut secara langsung di televisi.

Namun pertandingan tersebut sampai populer sekarang juga tak lepas dari asal usul bola voli hingga semakin meluas di Indonesia.

Sejarah Bola Voli

William G. Morgan menciptakan Bola voli pada tahun 1985. William G Morgan adalah pelatih di Pendidikan Jasmani pada YMCA di kota Massachusetts yang ada di Amerika Serikat.

Pada awalnya permainan bola voli dinamakan dengan “Mintonette” yang menyerupai dengan permainan badminton.

Kemudian mengalami perkembangan dan berubah namanya menjadi Volleyball. Pertandingan ini juga sudah mulai masuk di PON II pada tahun 1951 di Jakarta. Kemudian POM I Yogyakarta tahun 1951.

Perkembangan bola voli terjadi dengan pesat pada tahun 1962. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya klub-klub bola voli di tanah air.

Selain itu dalam peserta kejuaran nasional,seperti PON dan berbagai kejuaran lain peserta bola voli juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Kemudian untuk pertama kalinya, Indonesia juga mengirimkan tim bola voli yunior ke Athena Yunani pada tanggal 3-12 September 1989. Namun sayangnya dalam kejuaraan tersebut Indonesia harus puas menempati posisi ke 15.

Dibawah kepemimpinan PBVSI yang baru yaitu Drs. Mochamad Sanusi, perbolavolian di Indonesia juga mengalami peningkatan baik dalam jumlah perkumpulanya maupun kompetisi yang dilakukan.