Uncategorized

Apakah Boleh Hamil Muda Naik Pesawat? Yuk Simak Disini

Masa hamil memang tidak ada yang melarang untuk bepergian jauh. Begitu pula, bepergian menggunakan pesawat untuk juga aman jika kondisi tubuh sehat. Meski demikian, kondisi hamil muda tidak disarankan untuk melakukan perjalanan ini. Berikut ulasannya.

Bepergian Ketika Hamil Menggunakan Pesawat

Bepergian menggunakan pesawat bagi bumil memang bukan hal yang berbahaya. Namun, anda sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter sebelum melakukan penerbangan. Lazimnya, penergangan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah pada vena dan varises. Untuk itu, bumil sangat disarankan untuk menggunakan kaus kaki ketika naik pesawat.

Kondisi radiasi atmosfer juga sangat berisiko menyebabkan keguguran atau gangguan janin. Kondisi ini tentu ditujukan untuk bumil yang sering baik pesawat. Selain itu, naik pesawat juga dapat menurunkan oksigen dalam darah. Meski demikian, ibu hamil yang memiliki kondisi tubuh yang sehat aman terhadap risiko ini.

Waktu Yang Tepat Untuk Bumil Naik Pesawat

Ibu hamil yang disarankan untuk naik pesawat adalah hamil dalam kondisi sehat. Untuk itu, ibu hamil muda naik pesawat sangat tidak disarankan karena pada kondisi ini tubuh bumil seringkali merasa lelah dan mual. Untuk itu, bepergian yang aman untuk bumil dapat dilakukan ketika hamil pada trimester kedua dan trimester ketiga.

Kondisi hamil memang sangat rentan jika harus naik pesawat. Namun, kondisi kehamilan yang sehat memiliki tingkat risiko yang sedikit untuk melalukan perjalanan ini. Oleh karena itu, hamil muda sebaiknya tidak naik pesawat hingga mencapai trimester kedua atau ketiga.