Uncategorized

Apa Itu Jembatan Bailey ? Yuk Simak Detailnya di Sini!

Jembatan Bailey merupakan jembatan rangka baja ringan yang berkualitas tinggi, dan sifatnya moveable atau mudah dipindah pindah. Umumnya, jembatan tipe bailey digunakan sebagai jembatan darurat yang bersifat sementara. Mengingat bahwa jembatan ini bisa dipindah pindahkan. Lebih jauh mengenai jembatan tipe bailey, simak ulasan selengkapnya berikut.

Seputar Informasi Jembatan Tipe Bailey

  1. Sejarah Dikembangkannya

Jembatan tipe bailey mulai dikembangkan sejak tahun 1940. Namanya diambil dari penciptanya, yaitu Sir Donald Bailey yang merupakan pegawai negeri sipil di Kantor Perang Inggris. Tujuan membuat jembatan tersebut adalah untuk keperluan militer saat perang dunia II kala itu.

  1. Struktur Jembatan

Struktur jembatan untuk tipe panel bailey memiliki panjang per panel yaitu 3.048 meter dengan bentang jembatan adalah kelipatan dari panjang setiap panelnya. Struktur jembatan ini bersifat portable dan temporary, sehingga membuat jembatan tersebut sangat dibutuhkan pada berbagai daerah yang sulit dijangkau serta membutuhkan penanganan cepat.

  1. Pedoman yang Dipakai

Jika ditinjau dari SK.SNI, maka pedoman yang digunakan untuk menentukan standar berat pada jembatan panel bailey, berbeda dari rangka baja truss. Karena untuk jembatan rangka baja truss menggunakan pedoman standar berat minimal. Sedangkan jembatan panel bailey pedoman standarnya berat maksimal, karena konstruksinya mengutamakan berat ringan dan high grade material.

Kini jembatan panel bailey digunakan untuk kebutuhan bencana alam. Karena jembatan tipe ini sangat strategis dalam menjangkau daerah pelosok yang sulit dijangkau. Terlebih pemasangannya juga cepat, sehingga semua kegiatan tidak akan terganggu. Meski bersifat moveable, bailey sendiri mampu menahan beban lalu lintas dengan cukup kuat.