Uncategorized

2 Manfaat Daun Ciplukan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam masyarakat Indonesia, tanaman semak yang bernama ciplukan rasanya sudah bukan nama yang asing. Dulunya tanaman ciplukan memang biasanya dibiarkan saja karena belum diketahui khasiatnya. Namun saat ini sudah mulai banyak orang yang mengetahui manfaat dari tumbuhan ini sehingga daun dan buahnya dimanfaatkan untuk konsumsi. Nah mungkin Anda masih penasaran kira-kira apa saja sih manfaat dari daun tanaman ini. Berikut ulasannya.

  1. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Kaya

Daun ciplukan memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Hal inilah yang menjadikannya cukup baik dan ampuh sebagai salah satu sumber alami untuk melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit kronis.

Zat-zat seperti karotenoid dan polifenol dalam daun ciplukan merupakan zat antioksidan yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas yang terbawa masuk ke dalam tubuh. Lebih jauh, dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa gabungan dua zat ini, yakni karotenoid dan polifenol, memiliki kemampuan untuk menghentikan penyebaran beberapa jenis penyakit kanker.

  1. Memiliki Kandungan Zat Anti-Inflamasi

Di samping itu, daun ciplukan juga memiliki manfaat dalam mengurangi peradangan. Hal ini karena daun tersebut mengandung zat anti-inflamasi dan analgesik yang fungsinya adalah menenangkan dan mempercepat proses penyembuhan. Beberapa masalah kesehatan, seperti misalnya radang sendi, asam urat, dan wasir dapat diobati dengan menggunakan daun ciplukan.

Demikianlah 2 manfaat daun ciplukan untuk kesehatan. Selain daunnya, buah dari tanaman ciplukan juga memiliki manfaat yang tidak kalah besarnya.